Pendidikan

Pendidikan

Diresmikan, Kampung Pasir Muara Ganting Sebagai Desa Tangguh Bencana


PADANG – Diresmikannya Kampung Pasir Muara Ganting sebagai Desa Tangguh Bencana Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah sebagai upaya menyiapkan masyarakat dalam menghadapi gempa dan tsunami, mengingat kampung tersebut hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai.

Kepala BPBD Kota Padang, Edi Hasymi mengatakan, program Desa Tangguh Bencana merupakan program Rumah Zakat yang menjadikan Kampung Pasir Muara Ganting sebagai pilot project edukasi masyarakat dalam mitigasi bencana. Termasuk simulasi gempa dan tsunami serta kegiatan eduakasi lainnya.

"Pemko Padang mengapresiasi program Desa Tanggung Bencana oleh Rumah Zakat ini. Dan kita siap mendukung dan bersinergi mensukseskan program ini", ujar Edi saat mewakili Wali Kota Padang meresmikan Kampung Pasir Muara Ganting sebagai Desa Tangguh Bencana, Senin (27/5/2019).

Ditambahkannya, saat ini shelter Nurul Haq merupakan satu-satunya shelter terdekat dari Kampung Pasir Muara Ganting sebagai tempat evakuasi bila bencana tsunami terjadi. Untuk itu, simulasi tsunami sangat perlu untuk dilakukan. Agar masyarakat siap dalam menghadapi bencana.

"Kita berharap dan akan terus berupaya program Desa Tangguh Bencana juga dilaksanakan di zona merah tsunami lainnya. Karena masih banyak kelurahan yang memerlukan percepatan edukasi masyakarat dan penyedian fasilitas evakuasi seperti shelter. Karena bencana gempa dan tsunami tidak bisa dipastikan kapan terjadinya", ungkapnya lagi. 

Ia menambahkan, kesiapsiagaan masyarakat setiap saat sangat dibutuhkan guna menghindari jatuhnya korban, khususnya anak-anak dan orang tua yang merupakan kelompok rentan korban bencana.
 
Peresmian Kampung Pasir Muara Ganting sebagai Desa Tangguh Bencana RT/RW, Lurah serta masyarakat setempat. 

(Uli/yud)


bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera