Pendidikan

Pendidikan

Sampah Menumpuk di Pantai Padang, Walikota Himbau Warga Tak Buang Sampah ke Sungai



PADANG -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah meninjau pembersihan Pantai Padang dan Pantai Muaro Lasak oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Kamis (7/3/2019) pagi.


Menurut Mahyeldi, fenomena penumpukan sampah di Muaro Lasak terjadi ketika Kota Padang mengalami hujan deras dan air laut pasang. Sampah-sampah yang sudah lama mengendap di palung laut, yang berada di sepanjang Pantai Padang terbawa arus dan menumpuk di pinggir pantai.


"Jadi, tumpukan sampah ini bukan berasal dari hulu sungai. Juga bukan merupakan sampah baru yang berasal dari rumah tangga. Ada juga sampah-sampah yang berasal dari laut, yang terbawa arus. Maklum saja, pantai kita berbatasan langsung dengan Samudera Hindia", ungkap Mahyeldi, didampingi Plt Kadis DLH Ermen Peri, Plt Kadis Pariwisata Didi Hariyadi, Kadis DPRKPP Yenni Yuliza, Kabag Humas Imral Fauzi dan Camat Padang Barat Eri Sendjaya.


Untuk itu, Pemko Padang harus melakukan pembersihan sampah yang menumpuk di Pantai Padang secara berkala, terutama pasca Kota Padang dilanda hujan deras.


"Tentu kita juga mengimbau warga Kota Padang untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan", ujar Mahyeldi.


"Yang paling penting adalah tidak membuang sampah ke sungai karena bisa merusak lingkungan dan kesehatan. Apalagi jika sampah telah menumpuk di pinggir pantai, akan merusak keindahan Pantai Padang", tambahnya lagi.


Wali Kota Mahyeldi meninjau pembersihan pantai Muaro Lasak hingga siang hari sembari bersepeda menelusuri kawasan sepanjang Pantai Padang. 


(rel/ede)






bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera