Pendidikan

Pendidikan

Kadisdag Endrizal Optimis Koperasi Jasa KBPKL Kota Padang Bakal Kuat



SENIN (11/3/2019), Keluarga Besar Pedagang Kaki Lima (KBPKL) Kota Padang merayakan hari jadi yang ke-3 tahun. Bertepatan moment ini, organisasi pedagang yang beroperasi di Pasar Raya Padang ini meluncurkan koperasi jasa beranggotakan hampir 500 orang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal, sangat mengapresiasi terobosan tersebut. Ia optimis, koperasi jasa KBPKL Kota Padang bakal menjadi cikal bakal tumbuhnya lembaga ekonomi masyarakat yang kuat. Pasalnya, koperasi ini beranggotakan para pedagang kreatif yang selama ini menjadi pelaku perputaran keuangan di pusat perdagangan di Kota Padang itu.

"Saya yakin koperasi yang dibentuk KBPKL akan menjadi cepat berkembang dan menjadi cikal bakal koperasi yang besar karena umumnya anggota adalah pedagang kreatif yang menguasai perputaran keuangan, di Pasar Raya khususnya," kata Endrizal usai pengukuhan pengurus koperasi jasa KBPKL tersebut.

Menurut Endrizal, PKL yang umumnya berjualan produk konveksi di sekitar Padang Teater selama ini selalu bersinergi dan mendukung program Pemko Padang. Hal itu membuat pembangunan pengembangan dan penataan kawasan Pasar Raya Padang berjalan dengan lancar.

 
Kadisdag Endrizal mengukuhkan pengurus Koperasi Jasa KBPKL Kota Padang yang diketuai Fauzi Novaldi.
"Para PKL sudah mendukung kelancaran pembangunan, pengembangan dan penataan Pasar Raya hingga ke depan patut lebih diperhatikan supaya PKL yang ada lebih berkembang," sebutnya.

Endrizal menambahkan, sesuai perencanaan, tahun 2019 ini pengembangan Pasar Raya Padang akan terus dilanjutkan. Secara bertahap komplek Padang Teater mulai dari fase I hingga fase VII akan akan dibangun. Hingga tahun 2020 nanti Koppas Plaza dan Merlin yang ada di sebelah barat Padang Teater juga akan dibenahi.

"Mulai 2019 sampai 2020 nanti, pembangunan Padang Teater dan gedung-gedung di sekitarnya akan dilaksanakan secara bertahap," ujar Endrizal.

 
Pasar Raya Padang yang makin cantik
Tujuan mempercantik Pasar Raya Padang, kata Endrizal, tidak lain untuk kenyamanan pedagang dan masyarakat yang berbelanja. "Tidak ada maksud akan meminggirkan pedagang kaki lima, melainkan agar semua bisa ditampung dan diwadahi lebih nyaman dalam berusaha," tukuknya.

Sementara itu, Ketua KBPKL Kota Padang, Idman mengungkapkan, pihaknya merasa bersyukur sudah bisa bersatu dalam wadah KBPKL itu. Dengan terbentuknya wadah ini, semua anggotanya merasa lebih kuat untuk menjalani usaha. Karena menurutnya, Pasar Raya Padang ini menjadi  "akademi" untuk meningkat ke jenjang pelaku usaha yang lebih sukses.

 
Penampakan komplek pertokoan Padang Teater yang tak lama lagi bakal dipercantik. 
"Dari sini kami bermimpi menjadi pedagang dan pengusaha yang sukses," sebut Idman.

Sedangkan Ketua Koperasi Jasa KBPKL Fauzi Novaldi mengatakan, PKL akan selalu bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kemasyarakatan berbasis koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Melalui wadah koperasi ini, KBPKL akan turut menggeliatkan ekonomi masyarakat, serta menggairahkan kreativitas UMKM," tutupnya. 

(***)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera