Pendidikan

Pendidikan

Bakamla RI dan LAN Gelar Latihan Training of Trainer



JAKARTA --- Guna meningkatkan kapasitas personel dalam bidang penyelenggaraan pelatihan, Badan Keamanan Laut RI bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan pelatihan Training of Trainer (ToT) atau pelatihan untuk pelatih di Jakarta Selatan, Selasa (2/10/2018).

Direktur Latihan Bakamla RI Brigjen TNI Suwarno, S.IP. dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa pelatihan TOT ini merupakan upaya Bakamla RI untuk mempersiapkan kompetensi instruktur bagi personel. Hal ini dimaksudkan agar personel yang dilatih, nantinya dapat menyampaikan materi secara efektif kepada para peserta latihan di masa mendatang.

Kegiatan ini juga merupakan proses pembentukan pelatih internal Bakamla RI yang sesuai dengan standar kompetensi yang berlaku. Pelatihan ini mengajarkan tentang proses belajar mengajar, menyusun rancangan mengajar dan teknik mengajar partisipatif, serta keterampilan melatih.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga pengajar internal Bakamla RI yang berkualitas, yang nantinya akan ditugaskan di Pusdiklat Bakamla RI. 

Kegiatan yang mendapatkan respon positif dari para pesertanya, turut menghadirkan pejabat teras Bakamla RI sebagai narasumber, diantaranya Kepala Biro Perencanaan Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. dan Direktur Data dan Informasi Laksma TNI Gendut Sugiono,S.H. yang memberikan materi tentang Micro Teaching Substance.

Selain itu, praktisi lainnya yang didatangkan sebagai narasumber, seperti Merry Hasibuan,S.Pd., MAP. menyampaikan materi tentang Building Learning Commitment; Dra. Jenny Jory Salmon, M.Si. menyampaikan materi temtang Pembelajaran Orang Dewasa; Bambang Wiyoso, S.T., M.Si. menyampaikan materi tentang Media Pembelajaran; Ir. Ivonne Pongoh, M.Si menyampaikan materi tentang Metode Pembelajaran; Ferry Firdaus, S.Pd., M.Ed. menyampaikan materi tentang Rencana Pembelajaran; Dra. Yuyun Mahendrati, M.Si. menyampaikan materi tentang Manajemen Kelas; Dr. Ajriani Munthe Salak, M.Ed., dan Denny Junanto, Ph.D menyampaikan materi tentang Micro Teaching Metode Pembelajaran. 

Turut hadir pula jajaran pejabat Bakamla RI dalam kegiatan ini, antara lain Kasubdit Penyelenggara Latihan Kombes Pol Benny Iskandar, S.IK., M.Si., Kasubdit Dukungan Latihan Kolonel Laut Hotma IDP Sirait, S.T., dan Kasubdit Perencanaan Latihan Kolonel Sus Agus Haryanto Ikhasanudin, M.Han.

#Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono


bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera