Pendidikan

Pendidikan

Bamsoet Geram, Minta Kemendikbud Panggil SMK Swasta Punya Sel Tahanan

JAKARTA,   Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo geram dengan ditemukannya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) yang mempunyai sel tahanan untuk mendisiplinkan siswa.

"Saya meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memanggil pihak sekolah untuk dimintai penjelasan mengenai fungsi ruangan yang mirip sel tahanan tersebut," kata Bamsoet dalam pernyataan tertulis yang diterima awak media, Rabu (12/9).

Terungkapnya SMK di Batam memiliki ruang sel itu berdasarkan laporan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Karena itu, Kemendikbud harus meminta pertanggungjawaban pihak pengelola sekolah jika sel itu digunakan untuk menyekap siswa.

"Harus diminta pertanggungjawaban pihak pengelola sekolah, jika ada orang tua siswa yang merasa dirugikan, mengingat penerapan disiplin di sekolah tidak harus melalui penyekapan terhadap siswa dan hal itu tak sesuai dengan sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia," tegas politisi senior Partai Golkar tersebut.

Wakil rakyat dari Dapil Provinsi Jawa Tengah VII yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen tersebut menghimbau masyarakat untuk berperan aktif mengawasi dan melaporkan, apabila menemukan sekolah yang melanggar aturan dalam dunia pendidikan. (akhir)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera