Pendidikan

Pendidikan

MFF 2018, Momentum Dinas Pariwisata Sumbar Dorong Desainer dan Pengrajin Miliki Jiwa Entrepreneur



PADANG -- Dalam rangka menggali potensi para desainer dan pengrajin muda Ranah Minang, sehingga tidak semata mampu melahirkan karya kreatif dan inovatif, sekaligus mendorong supaya kalangan muda tersebut memiliki jiwa entrepreneur, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar iven akbar Minangkabau Fashion Festival (MFF) pada awal Oktober 2018 mendatang.

"Melalui iven MFF 2018 yang mengusung tema "Enchanting of Minangkabau" ini, nantinya, kita ingin mendorong peserta dari kalangan siswa sekolah desain, sekolah fashion desain, pengrajin, UKM, rias pengantin dan umum untuk mengembangkan talenta, tak hanya berupa kreasi dan inovasi, tetapi juga memiliki jiwa enterpreneur," papar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Ir. Oni Yulfian, M.BTM melalui Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif (Kabid Ekraf) Dinas Pariwisata Sumbar, Derliati, S.ST, MPd, ketika dijumpai www.sumatrazone.co.id di ruang kerjanya, Kamis (26/7/2018) pagi.

Derliati yang akrab disapa "Buk Del" dalam kapasitas selaku Ketua Panitia MFF 2018, lebih lanjut mengungkapkan, peluang pasar fashion Ranah Minang sangat besar. Produk kerajinan asal Sumbar itu sudah tak asing lagi bagi pasar fashion, baik dalam negeri maupun anah air. Hanya butuh sentuhan lebih, agar bisa bersaing dengan produk lainnya terutama di luar negeri.

"Alhamdulillah, animo masyarakat terhadap iven tahunan MFF sangat positif. Fashion dengan genre tradisionil sangat pesat perkembangannya dan merupakan penyumbang pendapatan negara di kabupaten/kota," papar Derliati, diamini Kasi Pengembangan Ekraf Dinas Pariwisata Sumbar, Drs. Nazirwan Rusli.

Adapun ketentuan umum MMF 2018 "Enchanting of Minangkabau" (Mengangkat Kembali Warisan Budaya Minangkabau), urainya, antara lain hasil karya peserta harus orisinil dan tidak plagiat. Desain yang masuk nominasi 10 besar menjadi hak milik panitia dan dipergunakan untuk berbagai kepentingan.

Konsep desain dibuat di atas kertas HVS (A4) dengan menggunakan huruf Times News Roman 12 pt dan spasi 1,5. Karya desain, deskripsi juga biodata peserta dikirim kepada panitia MFF 2018 Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar jalan Khatib Sulaiman No. 7 Padang (hard copy dan soft copy dalam CD), dimasukkan dalam amplop atau diantar langsung ke sekretariat panitia. Dewan juri bekerja secara profesional dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Sedangkan ketentuan khusus untuk peserta, pertama, berwarganegaran Indonesia (WNI) dan ber KTP Sumbar. Kemudian, usia tidak lebih dari 37 tahun dan pada saat lomba melampirkan fotokopi KTP atau SIM.

Hasil karya harus inovatif, mencerminkan potensi lokal dan mengakomudir tema dan bercirikan daerah/budaya Minangkabau, mampu mempromosikan budaya Minangkabau, mudah diproduksi dan bernilai jual.

Ketentuan khusus lainnya, peserta harus hadir untuk mempresentasikan hasil karya tidak dapat diwakilkan, hak cipta melekat kepada pembuat, namun Dinas Pariwisata Sumbar diberikan hak untuk mempublikasikan semua karya yang masuk, lalu hasil karya yang dikirimkan ke panitia tidak dikembalikan dan menjadi dokumentasi Dinas Pariwisata Sumbar. 

Empat kategori lomba dalam MFF 2018, urainya meliputi Lomba Kreasi Busana Pengantin Tradisional Minangkabau, Lomba Membuat Kreasi Baju Muslim / Pesta, Lomba Modifikasi Baju Kuruang Basiba, serta Lomba Membuat Desain Motif Batik Minang. Masing-masing kategori lomba memiliki kriteria masing-masing. 

Derliati juga mewanti-wanti bahwa pendaftaran dan batas akhir pengumpulan materi lomba bagi peserta pada masing-masing kategori lomba, mulai tanggal 12 hingga 30 Juli 2018.

Sedangkan Grand Final MFF 2018 sedianya digelar pada akhir September nanti dan selanjutnya pada awal Oktober 2018, sebanyak 12 orang pemenang 1, 2 dan 3 dari 4 kategori lomba berikut karyanya, diboyong ke Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta dan karya mereka akan diperagakan di atas catwalk oleh peragawan peragawati ibukota. 

Untuk informasi selengkapnya, saran Derliati, masyarakat atau peserta lomba bisa menghubungi Panitia MFF 2018 di Dinas Pariwisata Sumbar Jln. Khatib Sulaiman No.7 Padang atau menghubungi HP/WA: 0852-7243-0789 dan
email: mmf.lomba@gmail.com.

(ede)


bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera