Pendidikan

Pendidikan

Pemudik Bisa Gunakan Tol Trans Jawa dan Sumatera

JAKARTA – Pemerintah memastikan pemudik dapat menggunakan tol Trans Jawa maupun Trans Sumatera, walaupun sebagian ruas jalan tol tersebut masih dengan dengan status fungsional.

Menurut Direktur Jenderal ( Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiyadi tol fungsional tersebut sudah dapat dilalui siang dan malam selama 24 jam penuh.

"Jadi saat ini walaupun fungsional sudah bisa digunakan pemudik selama 24 jam. Ini bedanya dengan tahun sebelumnya, yang penggunaannya masih terbatas, belum bisa 24 jam. Memang ada yang belum ada lampunya, tapi sudah kita prioritaskan dipasang MCB (Median. Concrete Barier), agar pengendara tahu mana batas jalannya," kata Arie dalam jumpa pers Kementerian PUPR, Jum'at (18/5/2018).

Selain itu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk memperlancar arus kendaraan saat mudik lebaran. Pihak BUJT akan menyediakan 120 mobile reader di Gerbang Tol (GT) guna mengurangi antrean kendaraan.

Mobile reader adalah alat pendukung transaksi pembayaran menggunakan uang elektronik yang bakal dibawa petugas GT untuk mendatangi langsung pengguna tol yang mengantre alias jemput bola.

"Untuk antisipasi antrean di GT, itu nanti akan dioperasikan mobile reader. Jadi kalau dulu petugas yang datang menyerahkan kartu, sekarang petugas datang untuk melakukan transaksi tapping di reader. Sama prinsipnya," kata Herry TZ dari BUJT dalam acara yang sama.

Selain itu, Herry juga mengatakan bahwa pihaknya telah meminta perbankan untuk menyediakan tambahan fasilitas Top Up uang elektronik serta kartu elektronik bagi pengguna jalan tol.

(clb/bin)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera