Pendidikan

Pendidikan

Ratusan Wartawan Unjuk Rasa Tuntut Pencopotan Kepala BI Perwakilan Sulbar


MAMUJU - Ratusan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Sulawesi Barat (AWAS) berunjuk rasa menuntut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulbar Dadal Anggoro segera dicopot dari jabatannya.

Aksi dilakukan di depan Kantor BI Perwakilan Sulawesi Barat, yang terletak di Jalan Pettarani, Mamuju, Sulbar, Selasa (24/4/2018).

Aksi yang dimotori sejumlah wadah media dan jurnalis di Sulbar itu sempat diwarnai aksi lempar telur ke papan nama kantor, sebagai bentuk kekecewaan para wartawan terhadap pernyataan Kepala BI Perwakilan Sulbar lewat cuitan di grup WhatsApp BI. 

Koordinator AWAS, Ashari Rauf, dalam orasinya mendesak kepada Gubernur BI agar mencopot kepala BI Perwakilan Sulbar, karena ditengarai menciderai profesi jurnalistik, serta mendesak Kapolda Sulbar untuk memeriksa dan menangkap kepala BI Sulbar sesuai dengan amanah Undang Undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Selama ini, wartawan di Mamuju telah memberikan kontribusi positif yang telah membantu BI dalam menyampaikan informasi kepada publik. Sayangnya, kerja kerja jurnalis tercederai atas cuitan pak Dadal Anggoro yang menganggap, banyak wartawan tahunya hanya copy paste," tutur Ashari.

Pernyataan Kepala BI Sulbar tersebut, menurut para wartawan, dapat membangun asumsi bahwa wartawan banyak yang tidak berkompeten dalam melakukan kerja - kerja jurnalis, sekaligus membuat dikotomi sesama wartawan.

Mereka menilai, pernyataan Dadal Anggoro sangat emosional, dapat menggiring asumsi masyarakat jika wartawan itu kerjanya hanya melakukan adu domba atau selalu punya niat lain dalam membuat berita. 

Cuitan Dadal Anggoro, menurut mereka, sama sekali tidak mencerninkan pribadi yang santun dan memiliki budi pekerti. Ditegaskan juga bahwa kasus yang telah dilaporkan ke Polda Sulbar ini akan terus dikawal hingga persoalan ini menuai titik terang. 

Usai melakukan aksi unjukrasa, para wartawan langsung melaporkan Kepala BI ke Kantor Polda Sulbar. Di sana mereka diterima langsung oleh Dirkrimsus Polda Sulbar, Kombes Wisnu Andayana bersama Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Masyura dan Kapolres Mamuju, AKBP, Arvan Avandi.

(inj/red)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera