Pendidikan

Pendidikan

Desri Ayunda: Kesenian Salawat Dulang Pikat Anak-anak Cintai Masjid


PADANG -- Kesenian Salawat Dulang memiliki daya tarik bagi anak-anak, sehingga hati mereka akan mencintai masjid dan seni Islam. Kesenian ini perlu kita lestarikan keberadaannya. 

Calon Wakil Walikota Padang nomor urut 1 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni 2018, Desri Ayunda, mengungkapkan hal tersebut sebagai pertanda ia sangat terkesan sekaligus apresiatif terhadap kesenian Salawat Dulang, salah satu budaya khas Minangkabau yang sarat muatan spirit dan nilai-nilai reliji. 

"Ini budaya Minangkabau untuk menjalin silaturrahmi sesama kita. Salawat Dulang adalah salah satu kesenian yang bertujuan mensyiarkan Islam. Tentu kegiatan ini sangat positif sekali," ungkapnya. 

Jumat (30/3/2018) lalu, Desri Ayunda memenuhi undangan jamaah dan pengurus acara Salawat Dulang di Masjid Nurul Istiqoman Timbalun Kelurahan Bungus Timur Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang, Sumatera Barat.

Kedatangan Desri Ayunda kala itu disambut langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana Hendriwan dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Bungus Timur, M Yusuf. Desri langsung memasuki masjid dan menyalami jamaah yang hadir. Ia terlihat akrab dengan para jamaah.

Desri terlihat menikmati acara Salawat Dulang. Kesenian Salawat Dulang diisi oleh group Salawat Dulang Pasang Purnama dan Langkisau. Group Salawat Dulang tak lupa memperkenalkan Desri Ayunda kepada jamaah melalui lagu berpantun. 

Ketua LPM Bungus Timur M Yusuf mengatakan, kedatangan Desri Ayunda pada acara Salawat Dulang tersebut dalam rangka memenuhi undangan panitia pelaksana. 

"Kita sudah sama tahu, Pak Des maju sebagai calon Wakil Walikota Padang, berpasangan dengan Pak Emzalmi. Namun, kedatangan beliau dalam kapasitas pribadi, karena beliau dekat dengan masyarakat di sini," ungkapnya. 

Desri Ayunda ketika diwawancarai di sela-sela acara mengatakan, kehadirannya dalam acara Salawat Dulang tersebut dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat Bungus Timur. Ia pun mengapresiasi acara Salawat Dulang yang digelar jamaah Masjid Nurul Istiqomah. 

Dikatakan Desri, acara Salawat Dulang di Masjid Nurul Istiqomah banyak dihadiri anak-anak. Tentu secara tidak langsung, anak-anak diperkenalkan nilai-nilai Islam melalui kesenian Salawat Dulang.

"Anak-anak saya lihat banyak yang hadir. Disamping memperkenalkan nilai-nilai dan sejarah Islam, kesenian Salawat Dulang memiliki daya tarik bagi anak-anak, sehingga hati mereka akan mencintai masjid dan seni Islam. Kesenian ini perlu kita lestarikan keberadaannya," ungkap Desri. 

Pada kesempatan itu, Desri Ayunda dan rombongan juga memborong 6 paket silamak apik ayam yang dilelang oleh panitia. 

"Acara ini juga bertujuan mencari dana untuk pembangunan masjid dan kegiatan sosial lainnya," tukuk Desri.

(zul/ede)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera