Pendidikan

Pendidikan

Ninik Mamak Suku Guci Yakin Emdes Mampu Menej Kota Padang




PADANG -- Syofyan Datuk Bijo, ninik mamak suku Guci Kenagarian Koto Tangah, menegaskan, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang nomor urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni 2018, Emzalmi dan Desri Ayunda sudah kaya pengalaman di bidang masing-masing, sehingga diyakini akan mampu mengemban amanah memimpin Kota Padang.


"Kita yakin, mereka berdua bisa menjalankan amanah, sebab keduanya sudah kaya dengan pengalaman di bidang masing-masing. Emzalmi merupakan birokrat tulen, sedangkan Desri Ayunda seorang profesional. Mereka memiliki kemampuan memenej Kota Padang," ungkap Syofyan Datuk Bijo ketika memberikan kata sambutan pada acara silaturahmi dan balanjuang bersama Emzalmi-Desri di Lubuk Minturun Koto Tangah Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (27/3/2018) malam. 


Acara tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Yuliarman, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Hanura Taufik Hidayat, anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Partai Golkar Jumadi, ninik mamak, urang sumando, bundo kanduang dan pemuda setempat.


Syofyan Datuk Bijo mengaku bangga dengan banyaknya tokoh masyarakat Koto Tangah yang hadir pada silaturahmi yang dilaksanakan di rumah Jumadi Aciak tersebut. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban orang Koto Tangah untuk mendukung Emzalmi-Desri Ayunda.


"Desri Ayunda merupakan putra daerah Koto Tangah yang kaya pengalaman yang kami persembahkan untuk membangun kota ini. Maka saya mengimbau warga kota, termasuk yang telah inggok mancakam tabang basitumpu sesuai adat salingka nagari, sudah menjadi kewajiban kita untuk memenangkan Desri Ayunda yang pada Pilkada kali ini berpasangan dengan Emzalmi," paparnya. 


Sementara itu, Jumadi Aciak selaku tuan rumah berterimakasih atas kehadiran Desri Ayunda memenuhi undangan silaturahmi dan balanjuang tersebut. Ia mengatakan, rumahnya terbuka untuk menerima relawan dan simpatisan Emzalmi-Desri Ayunda.


"Rumah ini kami jadikan posko untuk bersilaturahmi dan menggalang dukungan untuk Emzalmi-Desri Ayunda. Ini adalah keinginan dari bawah, sesama anak nagari sautu kewajiban bagi kita mendukung Emzalmi-Desri Ayunda.  Relawan Lubuk Minturun ini murni keinginan kita, bekerja sama dengan anak nagari Pauh Si Ampek Baleh (Kuranji dan Pauh), karena yang maju ini adalah anak nagari Pauh Si Ampek Baleh dan Koto Tangah," tegasnya. 


Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi PPP, Yuliarmandari, menegaskan, PPP mempercayakan kepada Emzalmi dan Desri Ayunda untuk memimpin Kota Padang sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Barat. Tak hanya PPP, 6 partai lainnya mengusung pasangan ini dan bertekad untuk memenangkannya.


"Ada 10 partai politik yang mengusung dan mendukung paslon ini. 7 partai pengusung dan 3 partai pendukung yang tergabung ke dalam Koalisi Padang Bersatu. PPP mengusung pasangan ini berdasarkan hasil survei, Insya Allah, paslon nomor 1 ini akan memenangkan Pilkada ini," ujarnya.


Rupanya, kata Yualiarman, partai politik lain memiliki pandangan yang sama dengan PPP berdasarkan survei dan mekanisma partai mereka. Jadi, 10 partai politik ini memiliki keyakinan, Emzalmi-Desri Ayunda merupakan "Duet Ideal" untuk memimpin Kota Padang.


"Mari kita saciok bak ayam sadanciang bak basi untuk mengantarkan pasangan anak nagari ini untuk menjadi pemimpin Kota Padang. Mereka adalah orang-orang yang paham dengan seluk beluk Kota Padang.  Kota Padang ini bukan hanya di Padang Barat, tetapi ada 11 kecamatan dan kami percaya, Emzalmi-Desri akan melakukan pemerataan pembangunan, termasuk di Padang Pinggir Kota (Papiko, red)," ujar Mak Itam, sapaan akrab Yuliarman.


(rel/ede)



AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera