Pendidikan

Pendidikan

Emzalmi - Desri Ayunda Apresiasi Upaya Pelestarian Pencak Silat PB IPSS


PADANG -- Menjelang helat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 yang tinggal hitungan bulan, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang nomor urut 1 Emzalmi-Desri Ayunda banjir undangan untuk menghadiri temu silaturahmi, diskusi, hingga beragam iven yang diinisiasi oleh berbagai elemen masyarakat Kota Padang. 

Kamis (15/3/2018) malam, paslon nomor urut 1 Emzalmi - Desri Ayunda hadir di "Sasaran Pencak Silat Silaturahmi", di Kampung Marapak RT.02/RW.04 Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat. Kehadiran mereka dalam rangka memenuhi undangan temu silaturahmi dari Pengurus Besar Pencak Silat Silaturahmi (PB IPSS), sekaligus menyaksikan atraksi pencak silat yang dipersembahkan oleh para "pandeka" (pendekar-red) dan "sasian" (murid) perguruan silat tersebut. Pada kesempatan itu juga hadir para budayawan, ninik mamak dan urang sumando setempat.  

Baik Emzalmi maupun Desri Ayunda, sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan PB IPSS. Selain bisa memperkenalkan budaya daerah, kegiatan ini juga mempererat tali silaturahmi antar warga, pesilat, dan budayawan.

"Saya lihat, bukan hanya warga di sini saja yang datang, tetapi juga pendekar dan budayawan dari berbagai kampung juga hadir di sini. Semoga pencak silat ini tetap ditingkatkan ke depannya, sehingga lebih baik lagi menuju berbagai iven untuk masa yang akan datang," ungkap Emzalmi. 

Ketua PB IPSS Zalmi Nasir mengungkapkan, acara ini merupakan usaha untuk melestarikan pencak silat yang merupakan ilmu beladiri asli Nusantara. Saat ini, pencak silat tengah diupayakan untuk menjadi warisan dunia oleh Unesco.

"Selain sebagai silaturahmi, pastinya pertemuan ini juga untuk membuktikan dan memperkuat bahwa pencak silat mesti dilestarikan di tengah masuknya budaya asing," ujarnya. 

Dikatakannya, Perguruan Pencak Silat Silahturrahmi telah berdiri dari tahun 1982 dan sampai sekarang masih bertahan. Pihaknya akan terus mengembangkan perguruan ini. 

Ia mengatakan, kegiatan latihan rutin di dalam setiap minggunya sebanyak 2 kali, yaitu Kamis pukul 20.00 WIB dan Minggu pukul 07.30 WIB di sasaran silat PB IPSS.  

"Peserta latihan terdiri dari putra dan putri sebanyak 150 orang. Dalam waktu dekat, kami akan mengikuti kejuraan pencak silat yang akan digelar Universitas Andalas," terangnya.

(ded/ede)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera