Pendidikan

Pendidikan

Hendra Irwan Rahim: Pengembangan Sumbar Butuh Dukungan

PADANG -- Potensi pariwisata Sumatera Barat sangat besar namun belum tergarap secara maksimal. Untuk menggarap potensi itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak baik dari masyarakat, pemerintah daerah, terutama pemerintah pusat dan investasi. 

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim saat membuka Seminar Nasional Pariwisata di Inna Muara Hotel, Rabu (7/2). Seminar yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan itu digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dipusatkan di Sumatera Barat, 6-9 Pebruari 2018. 

Menurut Hendra, berbagai permasalahan menjadi kendala dalam mengembangkan potensi tersebut, padahal Sumatera Barat memiliki banyak objek wisata yang sangat menarik.

"Potensi pariwisata Sumatera Barat tak kalah menarik dari daerah lain namun memang belum tergarap cara maksimal karena berbagai kendala," katanya.

Dukungan dari pemerintah pusat, lanjutnya, sangat dibutuhkan mengingat pemerintah daerah memiliki keterbatasan dalam hal pendanaan. Selain itu, pemerintah pusat juga memiliki jaringan yang lebih luas dengan investasi sektor pariwisata yang memungkinkan untuk ikut meyakinkan investor untuk masuk ke Sumatera Barat.

Dia menekankan, pemerintah provinsi bersama DPRD telah berkomitmen untuk fokus membangun sektor kepariwisataan. Komitmen itu ditunjukkan dengan menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan daerah. 

"Sektor pariwisata menjadi prioritas program pembangunan daerah Sumatera Barat, ini sebagai bentuk komitmen dalam menggenjot pariwisata," ujarnya.

Dia mengakui, sektor ini menjadi harapan kemajuan daerah karena potensinya yang cukup besar. Potensi pariwisata Sumatera Barat terbesar adalah pariwisata bahari, disamping wisata alam pegunungan dan wisata sejarah. Tanpa mendapat dukungan dari pemerintah pusat, pengembangan potensi itu akan berjalan lamban. 

Melalui momen peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Sumatera Barat tahun ini, dia berharap dapat membawa kemajuan bagi pariwisata Sumatera Barat. Kehadiran wartawan dari seluruh Indonesia diharapkan membuat pariwisata Sumatera Barat semakin dikenal oleh dunia luar. 

Seminar yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit itu mengangkat tema Menata Potensi Wisata dan Dukungan Infrastruktur menuju Industri Pariwisata Modern itu dihadiri ratusan peserta. Hendra berharap seminar tersebut mendatangkan solusi bagi Sumatera Barat dalam menata potensi wisata dan memajukan sektor tersebut untuk kemajuan daerah ke depan.

(rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera