Pendidikan

Pendidikan

Pilkada Kota Padang, Tiap Paslon Kebagian Dana Kampanye Rp300-400 Juta


PADANG -- Komisi Pemilihan Umum Kota Padang menyiapkan anggaran Rp300-400 juta tiap pasangan calon Walikota Padang untuk sosialisasi dan kampanye. Anggaran tersebut disalurkan KPU Padang dalam bentuk bahan dan alat peraga kampanye, seperti baliho, spanduk, kalender, dan buku-buku.

"Bahan-bahan kampanye dan alat peraga sebagai sosialisasi nanti akan kita fasilitasi," ujar Ketua Divisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Padang Mahyudin, Selasa (9/1/2018).

Dengan telah difasilitasi KPU, pasangan calon Walikota Padang diperbolehkan untuk tidak mengeluarkan dana kampanye. Sebaliknya, pasangan Cawako juga diperbolehkan menambah bahan atau alat peraga yang dibutuhkan untuk kampanye, seperti brosur, stiker, dan sebagainya. Namun, penambahan itu tetap atas koordinasi dan sepengetahuan KPU Kota Padang.

Mahyudin menjelaskan, nantinya baliho untuk tiap-tiap Cawako akan dipasang bergandengan di beberapa tempat strategis di Kota Padang, seperti jalan-jalan protokoler dan gerbang masuk dari berbagai kab/kota ke Kota Padang. Pemasangan secara bergandengan diharapkan tidak akan memunculkan kesan diskriminasi.

Pihak KPU juga akan menentukan berapa jumlah spanduk atau banner yang akan ditempatkan di tiap-tiap kecamatan atau kelurahan. Selain itu, KPU juga akan menyediakan bahan-bahan kampanye berupa kalender, buku-buku kampanye, dengan memperbanyak visi misi program dari pasangan calon.

"Kita akan langsung mendisain surat suara, alat peraga, dan bahan-bahan kampanye setelah ditetapkannya pasangan Cawako pada 12 Februari mendatang," ujarnya.

Pendaftaran Cawako Padang sudah dimulai sejak Senin (8/1/2018). 

Selasa (9/1/2018) kemarin, bakal pasangan Cawako Emzalmi-Desri Ayunda telah mendaftar. Sementara bakal paslon Mahyeldi-Hendri Septa mendaftar persis pada hari penutupan pendaftaran, Rabu (10/1/2018). 

Bakal paslon lainnya, yakni pasangan suami istri Syamsuar Syam-Misliza, hingga _enjury time_ ini belum menampakkan batang hidung mereka di KPU Kota Padang. Masih ada kemungkinan bakal paslon ini akan mendaftar, mengingat masih tersisa sekian jam hingga tutupnya pendaftaran pada pukul 24.00 WIB nanti.

(pkc/ede)





AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera