Pendidikan

Pendidikan

Mahyeldi Resmikan "Pusat Komando" Kota Padang


PADANG -- Kota Padang telah memiliki fasilitas "command center" atau "pusat komando" yang berfungsi sebagai ruang kendali, pusat visualisasi dan integrasi data. Nanti data dari seluruh SKPD dan kondisi kota akan bisa dilihat dari ruang yang bertempat di lantai II Balaikota Aie Pacah tersebut. 

Padang Command Center (PCC) diresmikan oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Selasa (30/1/2018) pagi. Turut mendampingi walikota pada kesempatan itu, antara lain Kepala Dinas Kominfo Suardi, asisten I, II dan III Vidal Triza, Ermen Peri dan Didi Aryadi, serta para kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang. 

Walikota memaparkan, fasilitas "command center" telah menjadi keperluan di masa kini, dimana integrasi diutamakan. Ruang pusat visualisasi dan integrasi data, baik diperolah dari melalui online, offline, internal maupun eksternal, disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall. Salah satu fungsi "command center" yakni membantu dalam monitoring room. Bukan hanya itu saja, "command center" juga membantu dalam mempermudah jalannya meeting dan koordinasi antar bidang. 

PCC juga bisa membantu memastikan setiap keputusan penting, respon dan aksi yang diambil seakurat mungkin sesuai data  yang ada. Fungsi utama PCC adalah tindakan tanggap darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan. Langkah pengadaan dan langkah penyediaan informasi publik.

Sedangkan menurut Kadis Kominfo, Suardi, salah satu tujuan Pemko Padang dengan adanya PCC adalah untuk memberikan pelayanan. Pelayanan ini artinya, ketika masuk ke lingkungan pemerintahan warga tertawa, ketika pulang warga merasa senang. Untuk itu perlu banyak kemudahan, yang tentunya sangat terkait dengan ketersediaan peralatan. 

Ke depan, imbuh Suardi, bagaimana memanfaatkan teknologi informasi sebagai upaya memberikan pelayanan dan kemudahan bagi warga kota tercinta ini. 

(wan/ede)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera