Pendidikan

Pendidikan

Kabar Try Sutrisno Meninggal Telah Diralat


JAKARTA --
 Sempat beredar kabar, Wakil Presiden ke-6 RI, Try Sutrisno, meninggal dunia. Ternyata kabar itu adalah tidak benar. Ini berawal dari kesalahan informasi yang beredar di media sosial.

Awalnya, menyebar pesan berantai via aplikasi pesan WhatsApp, Senin (15/1/2017). Bunyinya adalah sebagai berikut.

"Innaa lillahi wa innaa ilayhi raaji'uun...
Telah berpulang ke rahmatullah... Bapak Jend (Purn) Tri Sutrisno.. Mantan Wapres R I malam ini di kediaman beliau.. Komp Perumahan Palem Kartika jl. Bambu Apus kel. Bambu Apus kec. Cipayung Jakarta Timur.
Semoga surga menjadi tempat beliau yang terakhir dan selamanya... Aamiin YRA"

Tak jelas dari mana pesan berantai itu berasal. Yang jelas anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) itu tidak meninggal. Ini dipastikan oleh Kepala UKP PIP Yudi Latief.

"Hoax itu. Ini peradaban macam apa ya? Kok sering kali wartakan orang hidup dibilang mati. Ampyuun deh," kata Yudi.

Namun demikian, ada pesan bermuatan serupa yang beredar di Facebook. Akun Popie Koesmandhoko menuliskan di wall Facebook bahwa Try Sutrisno meninggal dunia.

"Inalilahi wainailaihi Rojiun...mlm ini bpk Try Sutrisno mantan Wapres telah meninggal Dunia..corps Zeni turut berdukacia semoga Husnul Khotimah..selamat jalan pk Try..keluraga yg di tinggalkan diberi kekuatan lahir bathin...," tulis akun Popie Koesmandhoko di Facebook-nya sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

Namun tak lama berselang, Popie mengakui bahwa dirinya telah mengalami salah informasi (misinformasi). Dia menyatakan yang meninggal adalah orang depan rumah Try Sutrisno, namanya Pak Hutomo.

"Mohon maaf Yg meninggal pk Hutomo bkn pk Try rumah nya depan rumah pk Try..semoga pk Try panjang umur..," demikian tulis Popie meralat misinformasi yang telah terlanjur dilakukannya.

(dtc/dnu/dha)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera