Pendidikan

Pendidikan

Walikota Padang Resmikan Jembatan Hubungkan Kampung Baru-Kampung Jua

PADANG – Sekian lama dinanti-nanti dan hampir sedekade proses perencanaan sampai pada pembangunannya, kini sebuah jembatan penting yang menghubungkan dua kelurahan di Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), yakni Kampung Baru Nan XX dengan Kampung Jua Nan XX selesai dibangun.

Jembatan yang dibangun oleh Pemerintah Kota Padang itu diresmikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Minggu (16/12/201) siang. Hadir dalam kesempatan itu Yendril selaku tokoh masyarakat dan juga anggota DPRD Padang, Unsur Forkopimka Lubeg, Ninikmamak, Bundokanduang, tokoh masyarakat serta warga setempat yang terlihat tak kuasa menyembunyikan sukacitanya menyambut kehadiran jembatan tersebut.

Walikota Padang menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga terlaksanannya pembangunan jembatan tersebut.

"Kalau bukan dengan kebersamaan, mungkin tidak akan jadi jembatan ini. Maka untuk itu, mari kita senantiasa menjaga kebersamaan, karena memang mustahil kesuksesan dan keberhasilan itu kita raih tanpa adanya persatuan dan kesatuan," sebut Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, kehadiran jembatan tersebut juga sudah lama diimpikannya yang dilihat dari besarnya harapan warga. Meskipun impian itu akhirnya baru dapat diwujudkan di 2017 dengan proses pembangunan berkisar lebih kurang enam bulan. Alhasil, kondisi jembatan terlihat begitu kokoh, yang tentunya bermanfaat tak hanya akses penghubung bagi warga di dua kelurahan namun juga bagi orang-orang dari daerah lain.

"Alhamdulillah, jembatan ini selesai dibangun dan diresmikan penggunaannya hari ini. Memang banyak keuntungan dari keberadaan jembatan ini. Warga Kampung Jua bisa terhubung dengan warga Kampung Kampung Baru, kemudian juga menjadi akses baru yang dapat dilalui pengguna kendaraan mengurangi kepadatan lalu lintas Jalan Raya Padang-Indarung. Bagi yang dari arah Teluk Bayur menuju Indarung atau pun sebaliknya," tukasnya.

Terlebih lagi kata Walikota, daerah Kampung Jua yang sebelumnya jarang dilalui sekarang akan banyak dilalui orang. Dan itu juga bisa dijadikan momentum untuk menggerakkan perekonomian warga, sehingga mendukung peningkatan kesejateraan.

"Mari kita sama-sama menjaga dan merawat jembatan ini. Di samping memanfaatkan keberadaannya dengan hal-hal positif," tukas Mahyeldi didampingi Kadis PUPR Fatriarman Noer dan Camat Lubeg Rosail Akhyari.

Dalam kesempatan itu Yendril mengatakan, atas nama masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padang yang telah mengucurkan dana melalui APBD lebih kurang Rp10 Miliar untuk membangun jembatan tersebut. Ia mengatakan, jembatan ini sudah lama didambakan warga dan hal itu sudah lama disampaikan warga kepada dirinya selaku wakil rakyat di DPRD Padang daerah pemilihan (dapil) setempat.

"Cukup jelas manfaat jembatan ini khususnya bagi warga Kampung Baru dengan warga Kampung Jua. Kita berharap, sarana dan prasarana pendukung seperti lampu jembatan serta upaya lainnya juga dapat dilaksanakan oleh Pemko ke depan," harap Yendril.

Peresmian jembatan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah disaksikan seluruh undangan dan warga yang hadir. Usai itu, Walikota dan lainnya meninjau kondisi jembatan dan lokasi permukiman warga di sekitar jembatan.

(rel/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera