Pendidikan

Pendidikan

Survei Orkestra: Jokowi vs Prabowo Belum Ada pesaing di Pilpres 2019

JAKARTA -- Organisasi Kesejahteraan Rakyat (Orkestra) merilis hasil elektabilitas calon presiden untuk Pilpres 2019 mendatang. Hasilnya Presiden Joko Widodo yang berencara maju di Pilpres masih menungguli rivalnya, yaitu Ketua Umum Partai Gerindra Parbowo Subianto.

"Kita lihat Pak Jokowi masih unggul terhadap Pak Prabowo. Pak Jokowi 24,38 persen. Pak Prabowo 21,09 persen," kata Ketua Orkestra, Poempida Hidayatulloh di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggun (3/12/2017).

Posisi selanjutnya diisi oleh Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmatyo dengan 2,80 persen. Diikuti, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 2,31 persen. Disusul oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 2,14 persen.

"Di sini muncul nama-nama baru. Gatot Nurmantyo muncul 2,80 persen. Agus Harimurti Yudhoyono 2,31 persen. Anies Baswedan 2,14 persen. SBY 1,81 persen," ungkapnya.

Terpisah, Direktur Polcomm Institute Heri Budianto mengatakan dengan tingkat kesalahan kurang lebih tiga persen membuat segala kemungkinan masih bisa berubah.

Penelitian ini dilakukan sejak 6-20 November 2017. Margin of error sekitar tiga persen. Survei dilakukan pada 1.300 responden yang berusia minimal 17 tahun dengan memperhatikan aspek gender, geografi, sosio kultural dan ekonomi, dan ideologi politik di 34 provinsi.

Pemilihan sampel dilakukan secara acak (probability sampling) dengan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling) dengan memperhatikan aspek urban atau rural dan proporsi antar jumlah sampel dengan total penduduk di setiap provinsi. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara langsung tatap muka dengan paduan kuesioner dan surveyor yang tersebar di seluruh provinsi.
 

(mdk/bim/rki]


bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera