Pendidikan

Pendidikan

Rayakan Hari Ibu di Papua, Jokowi: Hari Ibu Juga Hari Mama-Mama Papua

PAPUA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, peringatan Hari Ibu Nasional juga memperingati Hari Mama-Mama Papua, karena Mama-Mama Papua juga perempuan Indonesia, karena Papua juga Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Puncak Peringatan Hari Ibu Nasional, yang diselenggarakan di Pantai Waisai Torang Cinta Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12) pagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat "Hari Ibu Nasional yang ke-89 Tahun 2017" ini yang mengambil tema: "Perempuan Berdaya Indonesia Jaya". Dengan perayaan ini, Presiden berharap peran perempuan Indonesia dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia semakin meningkat.

"Perayaan penting bagi perempuan Indonesia, bagi negara, dan bangsa karena perempuan Indonesia turut bekerja dalam kemerdekaan Indonesia. Perempuan Indonesia harus semakin berdaya," kata Presiden.

Presiden berharap perempuan Indonesia dapat mengemban tuas dengan baik dalam mendidik dan membimbing anak-anak bangsa menjadi generasi hebat Indonesia di masa mendatang.

"Jadilah Ibu Bangsa Wahai Perempuan Indonesia," ucap Presiden.

Menteri-Menteri Perempuan

Dalam acara yang dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu, Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa Kabinet Kerja telah memberikan porsi besar kepada perempuan dengan menempatkan sembilan menteri wanita, sehingga menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara di dunia dengan menteri perempuan terbanyak.

Presiden juga menyebutkan keberhasilan di bidang pembangunan manusia dan budaya yang dipimpin oleh Menko Bidang PMK Puan Maharani, serta keberhasilan di bidang diplomasi karena menteri luar negerinya perempuan yaitu Retno Marsudi.

"Lalu di bidang keuangan Sri Mulyani, di bidang kelautan dan perikanan menterinya seram ini, yaitu Ibu Susi Pudjiastuti," kata Presiden.

Sedangkan menteri yang berhasil menekan, mengurangi kebakaran hutan di Indonesia Siti Nurbaya Bakar, di bidang BUMN menterinya Rini Soemarno, bidang Kesehatan juga ada Ibu Nila F Moeloek, lalu di bidang sosial ada Ibu Khofifah Indar Parawansa.

"Lalu ada menteri PP dan PA dari Papua yaitu Mama Yo, Prof. Yohana Yembise dari Papua," ujar Presiden Jokowi. 

(set/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera