Pendidikan

Pendidikan

Ratusan Rumah di Solok Rusak Diterjang Banjir dan Longsor

SOLOK -- Dua Kecamatan di Kabupaten Solok Sumatera Barat diterjang banjir bandang dan longsor. Akibatnya, ratusan rumah dan hektare sawah warga rusak.

Banjir bandang terjadi di nagari Guguak Sarai Kecamatan IX Kota Sungailasi. Sedangkan longsor terjadi di Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok. Bencana alam ini terjadi sekitar pukul 21.30 WIB Sabtu (9/12) hingga pukul 04.30 WIB dini hari Minggu (10/12/2017).

Sedikitnya, lebih 100 unit rumah terendam air lumpur di nagari Guguak Sarai Kecamatan IX Koto Sungailasi.

Sementara itu, Tiga nagari di kecamatan X Kota Diatas, Kabupaten Solok yang diterjang musibah longsor mengalami kerusakan parah. Dilaporkan Camat X Kota Diatas, hingga kini tercatat sebanyak 34 unit rumah yang terdampak longsor di nagari Katialo. Kemudian, 5 unit rumah rusak berat di nagari Sibarambang dan sekitar 5 rumah lagi di nagari Tanjung Balit.

Selain itu, ratusan sawah warga yang terendam longsor dan banjir di kawasan tiga nagari itu mencapai 150 hektare. Kemudian lima jembatan rusak, tujuh sapi lenyap ditelan longsor. Akses transportasi dari nagari Sibarambang ke Katialo putus total akibat longsor.

Wakil bupati Solok Yulfadri Nurdin meninjau lokasi kejadian sekitar pukul 02.30 WIB dini hari Minggu (10/12). Yulfadri malam itu turun tangan bersama warga melakukan evakuasi di nagari Guguak Sarai Kecamatan IX Koto Sungailasi.

Sebagian warga terpaksa diungsikan ke lokasi Sekolah Dasar (SD) 06 Guguak Sarai. Namun, siang hari ini, masyarakat dibantu petugas damkar dan BPBD tengah melakukan pembersihan.

"Keselamatan warga harus menjadi prioritas tim penanggulangan bencana. Begitu juga prioritas pasca bencana," katanya.


[mdk/cob/rki]

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera