Pendidikan

Pendidikan

Menpan RB: Paslon Kepala Daerah Dilarang Libatkan ASN dalam Kampanye!


JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur menegaskan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan maupun partai politik.

Setiap pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah pun dilarang melibatkan aparatur tersebut dalam segala kegiatan kampanye. Dia juga tidak boleh terlibat dalam deklarasi salah satu bakal pasangan calon pilkada. 

Bukan hanya itu, tindakan ASN yang memposting kegiatan salah satu bakal pasangan calon di akun facebook atau media sosialnya juga tidak diperbolehkan. Apalagi dia berfoto bersama bakal pasangan calon dengan mengikuti simbol atau tanda yang digunakan pasangan itu untuk berkampanye.

Menpan RB mengingatkan larangan tersebut bukan hanya berupa imbauan. Saat ini, kata dia, pihaknya bersama instansi terkait sedang melakukan finalisasi mekanisme penjatuhan sanksi terhadap setiap pejabat pembina kepegawaian yang tidak menjalankan rekomendasi menteri untuk menghukum aparaturnya yang terlibat politik praktis.

Dia juga mengimbau kepada para kepala daerah untuk melarang dengan tegas bagi ASN di wilayahnya masing-masing yang terlibat politik. Sebagai ASN harus dapat menjaga netralitas serta bekerja secara profesional, sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat berjalan optimal.

(nov/ede)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera