Pendidikan

Pendidikan

Konsisten Bina Karateka Berprestasi, Sempai Arul Peroleh Penghargaan Kapolres Payakumbuh


PAYAKUMBUH -- Pembinaan yang tulus dan ikhlas, kini berbuah manis. Pelatih karate Dojo Lemkari Polres Payakumbuh, Bripka Ansharullah SH, memperoleh penghargaan dari Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto, SIK. Sempai Arul, demikian ia akrab disapa, dinilai konsisten membina bibit karateka berprestasi. Selama 14 tahun ia tiada henti melatih, membina, mencetak atlet-atlet karate berprestasi.

Di internasional Karate Championship awal Desember 2017 lalu, Dojo Lemkari Polres Payakumbuh bahkan mampu tampil hebat. 3 emas, 3 perak, dan 1 perunggu diboyong pulang. Makin lengkap lagi sebab Dojo Lemkari Polres Payakumbuh, yang lahir sama dengan HUT Kota Payakumbuh 17 Desember 2003 itu, berhasil masuk klasemen utama, Juara Umum VI.

Bahagianya, Sempai (pelatih) satu-satunya di Dojo Lemkari Polres Payakumbuh ini. Sebelumnya bahkan sudah ada karatekanya yang ikut Pelatda PON. Tapi, karena keputusannya untuk menikah, gagallah karateka Dojo kecil komit prestasi internasional ini maju.

Terus membina karateka tanpa pamrih. Inilah hebatnya Sempai Arul, ia membina anak didiknya sepenuh hati. Jiwa Bushido karateka beraliran Sotokan ini tak tertandingi. Hebatnya, tak pernah ia meminta iuran pelatih kepada karetekanya. Bahkan sedia dengan uang pribadinya bagi kepentingan Dojo.

Empat belas tahun adalah masa yang cukup lama. Masa meng-emaskan sekolah karate bagi anak-anak potensial Payakumbuh ini.

"Prinsip kami bukan prestise, kami adalah prestasi. Makanya, anak-anak kami latih dan didik dengan semangat berprestasi. Jika tidak potensial dan tidak mau berprestasi, ya kami lepas," ujar Sempai Arul yakin.

Ya, Sempai Bripka melatih siswanya ilmu karate. Mendidik karatekanya beribadah tepat waktu. Bahkan di bulan Ramadhan pun, karateka Dojo Lemkari Polres Payakumbuh tetap harus berlatih.

"Puasa dan bulan Ramadhan bukan halangan untuk terus berlatih. Rasulullah saja berperang di Ramadhan," tegas Sempai Arul yang taat beribadah ini.

Dalam Apel Gabungan Operasi Lilin dan Tahun Baru 2018 di Mako Polres Payakumbuh, Kamis (21/12/2017) Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto SIK menyerahkan Penghargaan kepada bintara polisi dengan NRP 84110005. Penghargaan yang diberikan kepada penjabat Paur Rapkum Bagian Sumber Daya Polres Payakumbuh ini, di telah mengembangkan talenta di luar bidang Tupoksi Polri.

Sempai Arul semenjak mulai bertugas di Polres Payakumbuh pada awal 2013 lalu sudah ditempatkan selaku Provost bahkan dikenal dengan panggilan "Mbah Provost!"

Kesungguhan hati membina dan melatih para karateka selama 14 tahun tiada henti, membuktikan pengabdiannya bukan temporer atau seketika saja. Pengabdiannya tulus demi majunya prestasi anak-anak dan remaja Kota Payakumbuh.

Untuk itu, Wakil Walikota H. Erwin Yunaz didaulat menyerahkan penghargaan ini kepada Sempai Arul di depan Apel Pasukan Operasi Lilin. Wakil Walikota yang juga olahragawan Kempo itu ikut merasa bangga atas prestasi sang sempai. "Teruslah jadi yang terbaik!" kata Kenshi bersabuk coklat ini.

Dua puncak prestasi Dojo Lemkari Polres Payakumbuh telah melambungkan nama Polres serta Kota Payakumbuh dikenal secara internasional; menjadi Juara Umum VI dalam Padang International Karate Championsip serta Kejurnas Karate Terbuka di Cepu, Jawa Tengah. Segudang prestasi bahkan memenuhi ruang medali, piala, dan piagam masing-masing karateka. Luar biasa.

Kebahagiaan Sempai Arul tak terkira. Tergambar dari paras wajahnya yang kian cerah. Matanya berbinar-binar atas penghargaan langsung dari Kapolres Payakumbuh ini. Diserahkan pula oleh Wakil Walikota. Disaksikan oleh seluruh sejawat dan atasannya.

"Setelah menerima penghargaan ini, Dojo Lemkari Polres Payakumbuh yang telah berusia 14 tahun atau sama persis tanggalnya dengan HUT Kota Payakumbuh 17 Desember, tetap melaksanakan aktifitas seperti biasa. Latihan fisik dan keterampilan karate tetap kita gelar di Halaman Upacara Polres Payakumbuh ini," tegas Sempai Arul. 


Kiriman: Dodi Syahputra
Editing: Ecevit Demirel (ede)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera