Pendidikan

Pendidikan

Kinerja DPRD Sumbar Sepanjang 2017 Optimal, 13 Ranperda Dituntaskan

PADANG – Pencapaian target kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat sepanjang tahun 2017 cukup optimal. Baik dari fungsi legislasi, penganggaran maupun dari fungsi pengawasan.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Datuak Intan Bano membuka rapat paripurna terakhir tahun 2017, Jumat (29/12/) menjelaskan, pencapaian yang optimal tersebut tidak terlepas dari kerjasama yang baik anggota DPRD dan sinergi ya2017ng terbangun dengan pemerintah daerah.

"Seluruh agenda yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik karena terbangunnya persamaan pandangan, baik sesama anggota DPRD maupun antara DPRD dengan pemerintah daerah," ungkapnya.

Dari sisi pelaksanaan fungsi legislasi, DPRD bersama pemerintah provinsi Sumatera Barat telah berhasil menuntaskan dan menetapkan sebanyak 13 Ranperda menjadi Perda. Diantara Perda tersebut ada yang dilahirkan atas penggunaan hak usul prakarsa DPRD.

Dari sisi penganggaran, DPRD bersama pemerintah provinsi juga telah melakukan penyusunan dan pembahasan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 serta perubahan APBD tahun 2017. Pembahasan dilakukan dengan cermat dan bisa dituntaskan sesuai waktu yang disediakan sehingga diharapkan anggaran bisa langsung digunakan untuk membiayai program pembangunan yang telah disusun mulai dari awal tahun.

"Untuk melaksanakan fungsi pengawasan, DPRD terus melakukan pemantauan baik melalui kunjungan langsung ke lokasi maupun melalui rapat dengan mitra-mitra kerja di tingkat komisi agar pelaksanaan pembangunan daerah dapat berjalan optimal," tegasnya.

DPRD Sumatera Barat juga berhasil berbagai masukan, saran dan aspirasi dari masyarakat dalam pelaksanaan fungsinya sebagai perwakilan dari masyarakat. Masukan, saran dan aspirasi itu ditampung untuk disampaikan kepada pemerintah agar direalisasikan dalam program pembangunan daerah.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menguncapkan apresiasi terhadap dukungan dari DPRD dalam pelaksanaan pembangunan daerah sepanjang tahun 2017. Dukungan tersebut dibuktikan melalui pembahasan program yang sangat detail sehingga pembangunan terlaksana tepat sasaran.

"Dalam pelaksanaannya, DPRD juga telah melakukan fungsi pengawasan dengan baik sehingga program pembangunan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembangunan daerah yang telah disusun dalam RPJMD," kata Nasrul.

Rapat paripurna terakhir DPRD Provinsi Sumatera Barat tersebut memiliki beberapa agenda. Diantaranya pengambilan keputusan terhadap Ranperda Nagari dan Ranperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau kecil.

Kemudian, juga beragendakan penyampaian laporan hasil pelaksanaan reses anggota DPRD ke daerah pemilihan serta penutupan masa sidang ketiga tahun 2017 dan pembukaan masa sidang pertama tahun 2018.

(rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera