Pendidikan

Pendidikan

Instagram @syahrul_fotograpy Juarai Lomba Foto #pacujawi50


PAYAKUMBUH, SUMBAR -- Sukses luar biasa. Sebanyak 130 kiriman foto lomba #pacujawi50 membuat sibuk panitia dan dewan juri, hingga akhirnya diputuskan @syahrul_fotograpy sebagai juara pertama Lomba Foto Pacu Jawi 2017.

Pacu jawi adalah "alek anak nagari" di Kota Payakumbuh. Bertempat di Sawah Pasie Kelurahan Ikua Koto Dibalai Payakumbuh Utara, dilangsungkan olahraga tradisi bernilai pariwisata ini. Empat kali pelaksanaan; 11, 12, 18, dan 19 Desember 2017. 

Sejak beberapa waktu ke belakang beda dari biasa. Di sekitar arena terlihat ratusan orang, laki-laki, perempuan, tua, muda, fokus dengan peralatan fotografi masing-masing demi mendapatlan hasil foto berupa jawi (sapi-red) yang tengah berpacu dalam arena.

Merekalah para fotografer yang ikut berlomba di Lomba Foto #pacujawi50. Sebuah inisiasi iven karya anak nagari Koto Nan Gadang, dikomandoi Chandra Setipon. Selain dikenal sebagai pelopor dan penggiat Pacu Jawi, Chandra Setipon didukung tim kerja di bidang lomba foto ini, lalu menggelar Lomba Foto via Instagram, #pacujawi50.

Sejak awal, saat ditunggu postingan foto kiriman lomba ini sudah ada 15 foto hasil karya peserta. Minggu berikutnya ada 70, sampai masa penilaian terkumpul 170 postingan foto bertaggar #pacujawi50 sebagai peserta lomba foto ini.

"Sulit memberi nilai. Tapi, akhirnya terpilih yang terbaik," ujar Ketua Dewan Juri Jeffry Richardo Magno usai penilaian yang molor dua hari sebab banyaknya yang harus dinilai.

"Semuanya bagus-bagus. Layak jadi pemenang. Tapi, kita terpaksa shortir dan seleksi lebih mendalam. Ada 3 juara; 1, 2, dan 3 lalu 5 juara favorit," papar Chandra Setipon.

Diputuskanlah di iven pertama kali ini, Juara 1: syahrul_fotograpy, Juara 2: Dahniel_Bukittinggi, Juara 3: Imaging_photography. Untuk Juara Favorit: Afdal_dinilhaq02, en.magek, Ijotgoblin30, novaldiherman, Asistant_photography.

Hadiah Juara Pertama sudah diberikan oleh Chandra Setipon kepada Syahrul. Lomba pertama yang diikuti oleh puluhan fotografer ini direncanakan akan dilanjutkan di iven Pacu Jawi 2018. Insya Allah, kita rangkul seluruh stakeholder agar hadiah lomba foto ini jadi luar biasa.

"Hadiah, piagam, silakan hubungi Ketua Panitia Lomba Foto #pacujawi50, Chandra Setipon, 081363421251.

(dod/ede)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera