Pendidikan

Pendidikan

Ini Dia Pendiri Arus Pelangi

YATNA PELANGI

Pertemuannya dengan Mbak Shakila (Widodo Budidarmo) membuahkan berdirinya komunitas LGBT di Yogyakarta yaitu Pelangi Yogya. Bersama Mbak Shakila ia hijrah ke Jakarta dan magang di Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) hingga bersama melahirkan Arus Pelangi.

Malang melintang di dunia aktivisme untuk hak-hak LGBT membuat ia melahirkan banyak karya mulai dari buku foto bercerita, cerpen, novel hingga dokumentasi film pendek.

 









FREDI KUSNANDA SIMANUNGKALIT, SH,MH.

Anggota tetap Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) yang turut menginisiasi pendirian Arus Pelangi, sebuah organisasi yang dimaksudkan untuk mengadvokasi hak-hak komunitas LGBT.

Membangun sebuah law firm dan aktif dalam menangani perkara publik termasuk menjadi pengacara dan penasehat Klinik Bantuan Hukum untuk komunitas LGBTI yang digagas oleh Arus Pelangi.

 

YULI RUSTINAWATI

PBHI mempertemukan Yuli dengan orang yang memiliki tujuan dan ide yang sama yakni mengadvokasi hak-hak orang-orang LGBT.

Sejak Arus Pelangi didirikan, Yuli tetap aktif hingga kini berjuang bersama dalam melakukan pengorganisasian, edukasi, kampanye dan advokasi tentang hak-hak orang dengan orientasi seksual, identitas dan ekspresi gender yang berbeda. Tahun ini adalah periode ke-dua ia diamanahi sebagai Ketua Perkumpulan Arus Pelangi.

Yuli Rustinawati (lahir 24 Juli 1975) adalah penerima Felipa De Sousa Award 2016 dari Outright International.

Saat ini, Yuli merupakan pemimpin Arus Pelangi, sebuah lembaga swadaya masyarakat untuk perjuangan hak-hak lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). 

Melalui lembaga ini, Yuli aktif memerjuangkan hak-hak kelompok yang terdiskriminasi atas dasar orientasi seksual dan identitas gendernya, antara lain dengan melakukan penelitian tentang kekerasan dan diskriminasi yang dialami oleh LGBT dan menyediakan bantuan hukum untuk korban.

 










KING OEY

Seorang Konsultan Lepas untuk Peningkatan Kapasitas Organisasi. Malang melintang di berbagai organisasi baik nasional, regional hingga internasional. Pernah menjadi Board Member International Lesbian Gay Association (ILGA) Asia.

Saat bekerja di PBHI bersama kawan pendiri lain mendirikan Arus Pelangi.

 

WIDODO BUDIDARMO

Widodo hijrah ke Jakarta mengajak temannya Yatna dan bergabung di PBHI. PBHI mempertemukan ia dengan pendiri lain untuk bersama menginisiasi organisasi yang berfokus pada advokasi litigasi dan non litigasi bagi hak-hak komunitas LGBT di Indonesia.

Lama bersama membesarkan Arus Pelangi, kini ia kembali mengabdikan diri di sebuah lembaga bantuan hukum; LBH Jakarta. 

Sumber: www.aruspelangi.org





AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera