Pendidikan

Pendidikan

Dewan Himbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Cuaca di Akhir Tahun.

PADANG -- Kalangan Anggota DPRD Kota Padang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca di akhir tahun.

"Potensi hujan dengan intensitas tinggi berikut angin kencang, harus disertai sikap waspada masyarakat, terutama saat merayakan liburan akhir tahun," kata Anggota Komisi III DPRD Kota Padang Helmi Moesim, Rabu (20/12/2017).

Dikatakannya, kewaspadaan,  harus ditingkatkan selama mengisi liburan. Apalagi sepanjang Desember banyak hari libur, dari libur Natal, musim liburan sekolah dan tahun baru.

"Kewaspadaan perlu ditingkatkan, mengingat objek wisata pantai banyak didatangi warga. Apalagi, cuaca ekstrem maka ombak laut semakin tinggi dan bisa menelan korban jiwa," ujarnya.

Dikatakannya, tempat wisata di sepanjang Pantai Padang, memikat untuk dikunjungi. Tetapi keindahan pantainya terkadang membuat pengunjung terlena, tanpa sadar kalau ombak tinggi bisa datang secara tiba-tiba.

Selain itu, batas bahaya yang dipasang di pantai terkadang kerap dilanggar pengunjung. Padahal batas-batas itu, perlindungan dan keamanan untuk pengunjung.

Intensitas hujan yang tinggi akan menimbulkan banjir, petir dan tanah longsor. Warga agar mewaspadai sejumlah titik rawan bencana longsor,  terutama untuk jalur lintasan.

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang Amrizal Hadi  mengimbau,  masyarakat untuk waspada menyusul terjadinya perubahan iklim yang kerap memicu bencana dipergantian tahun.

Selain dampak curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu, siaga dampak 'Siklon Cempaka' yang memicu curah hujan tinggi disertai angin kencang juga menjadi pertimbangan.

"Kami meminta warga lebih waspada saat berada di daerah rawan bencana yang berpotensi banjir, longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan lain nya. Informasi terkini BMKG potensi tekanan angin dan curah hujan tinggi juga mengintai wilayah Sumbar," katanya.

Ia menghimbau, masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama untuk kalangan nelayan dan warga yang bermukim di kawasan pantai.

 "Untuk itu waspadai perubahan iklim saat ini," harapnya. Tim BPBD agar siaga dan siap diterjunkan kapanpun, jika musibah terjadi. Serta, standby (siaga) dengan segala kemungkinan.

Ia berharap, masyarakat segera menginformasikan pada pihak terkait apabila terjadi berbagai hal di lapangan.

(han/ade/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera