Pendidikan

Pendidikan

Bangun Jalan, Warga Kampung KB Berok Hibahkan Lahan Senilai Rp 1,8 M

PADANG -- Mengawali kerja pagi itu, Rabu (27/12/2017), Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengunjungi pembukaan jalan baru di Kampung KB Berok, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara. Lahan untuk jalan tersebut dihibahkan warga berikut tanaman yang ada guna pembukaan akses jalan di wilayah RW 12 yang selama ini dikenal kumuh dan marginal.

"Dengan terbuka akses jalan praktis meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal ini perlu terus didorong melalui tokoh masyarakat dan lurah," kata Walikota.

Menurut Mahyeldi, adanya swadaya masyarakat dan hibah tanah untuk pembangunan membuktikan tumbuhnya kesadaran warga. Kesadaran itu tumbuh karena adanya peran lurah yang mampu merangkul semua komponen warga untuk berpartisipasi melaksanakan program pembangunan.

"Di sini peran lurah merangkul semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan," ujar Mahyeldi.

Dalam peninjauan itu, Walikota didampingi Camat Padang Utara dan Lurah Gunung Pangilun Andi Amir serta tokoh masyarakat setempat.

Lurah Gunung Pangilun menyebut, nilai swadaya masyarakat untuk pelebaran jalan di Kampung KB ini diperkirakan mencapai Rp 1,8 milyar. Nilai itu meliputi tanah sepanjang 400 meter atau seluas 1600 meter termasuk drainase, juga tanaman milik warga yang terdiri dari pohon kelapa, pohon jambu dan tanaman produktif lainnya.

"Kami perkirakan partisipasi warga mencapai 1,8 milyar berupa tanah dan tanaman produktif," sebut Andi Amir.

Dijelaskan, pelebaran jalan ini merupakan pengembangan Kampung KB yang ditetapkan sejak 2015 lalu. Seiring dengan itu banyak pembangunan yang dilaksanakan melalui kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah di Berok.

"Alhamdulillah, Walikota Padang terus memberikan perhatian terhadap perkembangan pembangunan Kampung KB," tukas Andi Amir.

Disamping antusias warga yang tinggi, para tokoh masyarakat seperti Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Ketua RW dan RT setempat juga tidak kurang memberikan dukungan.

(rel/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera