Pendidikan

Pendidikan

Wakil Ketua DPRD Padang Buka Sosialisasi Program Genre BKKBN di Gunung Pangilun

PADANG – Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra membuka Sosialisasi Program Generasi Berencana (Genre) yang sasarannya para remaja usia produktif yang berjumlah 35 orang di aula Kantor Lurah Gunung Pangilun, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Jum'at (24/11/2017). Wahyu yang membuka kegiatan yang diadakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumbar ini berharap kegiatan itu bisa menjadi sebuah organisasi yang membawa perubahan di kelurahan itu, baik perilaku generasi muda, kehidupannya dan lain sebagainya.

Sebagai wakil rakyat, ia siap mendorong serta menjembatani program-program yang bernilai. Tujuannya agar kebangkitan para generasi muda dapat terlihat serta mereka tidak terjerumus kepada hal-hal yang sifatnya negatif.

"Selain itu, dengan sosialisasi Genre yang diikuti para remaja usia produktif ini diharapkan mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan karyanya sendiri dan tidak lagi membebankan para orang tua," ungkap Wahyu.

Kasubid Bina Ketahanan Remaja (BKR BKKBN) Provinsi Sumbar, Muzhardi menyampaikan, tujuan dilaksanakannya program itu agar dalam usia produktif ke depan, remaja siap menghadapi tantangan bonus demografi.

Ia berpendapat, pada generasi muda yang saat ini berusia remaja dibebani tanggung jawab besar. Tanggung jawab tersebut bukan hanya untuk diri mereka, melainkan untuk keluarga dan bangsa Indonesia secara luas.

"Karena itu, perlu ada wadah atau program yang bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para remaja tersebut," katanya.

Melalui program Generasi Berencana (Genre) atau bisa disebut Bengkel Genre, anak muda diajak untuk merencanakan masa depan sebaik mungkin seperti tidak menikah di usia produktif, tidak melakukan penyimpangan sosial dan tidak mencoba-coba mengonsumsi Narkoba. Tidak hanya itu saja, para peserta yang ikut juga akan diberikan materi tentang program peningkatan ketahanan keluarga dan materi terkait Genre.

"Para pemateri ini berasal dari BKKBN Provinsi Sumbar dan DP3P2 Kota Padang," sebut Muzhardi.


(ede)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera