Pendidikan

Pendidikan

Tour de Singkarak 2017, Dua Pendatang Baru Rajai Dua Etape

SAWAHLUNTO,SUMBAR -- Dua pendatang baru di ajang balap sepeda dunia, Tour de Singkarak (TdS) menjadi terdepan di etape satu dan dua yang berlangsung Sabtu dan Minggu (18-19/11) kemarin. Di etape pertama, pembalap Pembalap Jerman Robert Muller yang tercepat mencapai finish di Padang. Sementara di etape dua, giliran pembalap Inggris, Daniel Whitehouse yang lebih dulu menyentuh garis finish di Sawahlunto, Minggu kemarin.

Pada balapan etape dua sepanjang 155,9 Km itu, Daniel yang berasal dari tim CCN Cycling Team mencapai garis finish dengan catatan waktu 4 jam, 3 menit dan 3 detik. Sejak start dari Painan, Pesisir Selatan, ia sukses memenangi persaingan dari dua pebalap Iran, Khalil Khorshid dari Tabriz Shahrdary Team Iran dengan waktu tempuh 04:03:06 dan Ghader Mizbani Uranagh dari Iran dengan catatan waktu 04:03:06. Sementara, Robert Muller yang sukses di etape pertama, justru finish di posisi ke 17.

Ketiga pembalap yang paling awal masuk finis sejak awal memang tampil bagus. Mereka langsung memisahkan diri dari rombongan besar sejak bergerak dari Painan. Secara bergantian, mereka memimpin balapan hingga menjelang finish. Sayang pembalap Ghader Misbani terjatuh 1 km jelang finish dan finis di urutan ketiga dan harus mendapatkan perawatan media di RSU Sawahlunto.

"Saya sangat senang mampu jadi juara, awalnya sempat kehilangan waktu terutama ditanjakan, namun untuk stage sprint saya mampu mengembalikan catatan waktu," kata Daniel. Selain juara satu Daniel Whitehouse juga mendapatkan green jersey atau sebagai raja sprint, disusul pembalap Indonesia diposisi kedua, Aiman Cahyadi dan Peerapol Chawchiang dari Thailand. Untuk raja tanjakan atau Polkadot Jersey di raih oleh Khalil Khorsid. Sementara untuk pebalap terbaik Indonesia/ best indonesian rider atau red/white jersey diraih oleh Jamal Hibatullah dari KFC Cyllcling Team. Sedangkan Yellow Jersey diraih pembalap Iran, Ghader Mirbani Iranagh.

Setelah menyelesaikan etape kedua Tour de Singkarak, semua pembalap akan melanjutkan balapan ke etape tiga dari Kabupaten Sijunjung menuju Dharmasraya, Senin (20/11), dengan jarak tempuh 161,6 kilometer. Etape 1

Sebelumnya di etape 1 dari Batusangkar, Tanah Datar, sukses Pebalap Jerman Robert Muller menyentuh garis finish paling awal diikuti dua pebalap Asia, Paerapol Chawchiangkwang (Thailand) dan ketiga Jamal Hibatullah (Indonesia). Robert yang memulai balapan dari start nomor 122, merasa kemenangan yang didapatkan sangat berharga.

Sebab, baru pertama mengikuti balap sepeda yang sudah sembilan kali diadakan ini. Robert Muller berasal dari tim Embrace The World Cycle asal Jerman, sedangkan Paerapol Chawchiangkwang dari Continental Cycle asal Thailand dan Jamal Hibatullah dari tim KFC Cycling Team asal Indonesia. Robert Muller berhasil menyelesaikan etape pertama 2 jam 32 menit 37 menit. Hanya berbeda sekitar 0,5 detik disusul oleh Chaw, sedangkan Jamal 2 jam 32 menit 44 detik.

Ketiganya berhasil meninggalkan 105 peserta lainnya. Robert mengatakan, suka dengan track etape pertama sepanjang 109,3 kilometer. Di sepanjang lintasan ia terus mencoba berpacu meski ada tekanan dari pembalap lain.

"Saya cukup senang bisa meraih hasil terbaik disini. Apalagi saya baru pertama kali ke Sumatera Barat. Perjalanan dari start hingga finis cukup menyenangkan," kata Robert Muller saat diwawancarai usai balapan.

Sementara itu, Jamal Hibatullah mengatakan, merasa sulit di kilometer terakhir karena dia sendirian sedangkan pembalap Iran ada dua orang yang selalu beriringan dengannya. Sehingga terjadi sprint massal dan dia dapat menempati urutan ketiga.

"Saya juga cukup senang di balapan pertama saya di TdS. Semoga hasil etape pertama ini bisa memacu semangat untuk meraih hasil yang lebih baik untuk etape-etape berikunya," katanya. 


(han/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera