Pendidikan

Pendidikan

Sosio Drama dan Tarian New Zapin Meriahkan HUT TNI Ke-72 di Karimun


KARIMUN, KEPRI -- Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke -72 serentak dilaksanakan hari ini, Kamis (5/10/2017). Di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, upacara dipusatkan di Mapolres Karimun. Bertindak selaku inspektur upacara, Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (p) Totok Irianto 

Danlanal membacakan amanah Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo bahwa dalam HUT TNI ke-72 kali ini diharapkan sinergitas seluruh elemen masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI tetap terwujud, sesuai dengan moto "Bersama Rakyat TNI Kuat".

Dalam rangkaian acara peringatan HUT TNI ke-72, sosio drama dan tarian new zapin yang melibatkan personil gabungan dari Kodim 0317/TBK, Lanal Tanjungbalai Karimun dan Polres Karimun manambah kemeriahan acara kali ini.
Sosio drama menceritakan tentang perjuangan Kapten Mukhtar, yang merupakan pemimpin perjuangan di Pulau Durai pada jaman penjajahan Belanda pada tahun 1945.

Diceritakan bagaimana masa perjuangan Kapten Mukhtar pada masa itu, dalam menyatukan semangat rakyat untuk mengusir para tentara Belanda hingga harus gugur di medan pertempuran.

Sementara itu nuansa kebersamaan juga terlihat pada persembahan tarian new zapin. Tarian dengan konsep keberagaman namun tidak menghilangkan nuansa kedaerahan terlihat, saat para penari yang terdiri dari personil TNI dan Polri tampil dengan mengenakan aksesoris suku yang ada di Indonesia 

Usai pelaksanaan upacara Kapolres Karimun menjelaskan, pelaksanaan upacara HUT TNI sengaja dilaksanakan di Mapolres Karimun sebagai wujud kebersamaan antara TNI dan Polri khususnya di Karimun.

"Tidak ada tujuan apa sih, sengaja ini sebagai bentuk senergitas antara TNI dan Polri di Karimun. Karena dari awal kami bertugad sudah menciptakan kebersamaan itu," ujar Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin kepada wartawan.

Hal senada ditambahkan Komandan Kodim 0317/TBK Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa. Dirinya mengatakan untuk sinergitas juga, kalau nanti HUT Bhayangkara bisa dilaksanakan di Makodim atau di Makolanal

"Untuk menunjukkan sinergitas pada acara HUT Bhayangkara nanti, juga bisa dilaksnakan di Makodim atau di Makolanal. Jadi bukan masalah kalau untuk kebersamaan. Karena dengan kebersamaan semuanya damai aman dan sejahtera," ujar Dandim. 

(lpc/ede)

 




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera