Pendidikan

Pendidikan

Segera Dikukuhkan, SMSI Sumbar Siap Sukseskan HPN 2018


PADANG -- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumatera Barat siap mensukseskan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang sedianya diselenggarakan di Kota Padang, 9 Februari 2018 mendatang. Untuk itu, SMSI Sumbar segera berkoordinasi dengan SMSI Pusat, panitia HPN 2018 dan Pemprov Sumbar.

Demikian diungkapkan Ketua SMSI Sumbar, Drs. Syahrial Aziz usai rapat koordinasi Dewan Pengurus, Dewan Penasehat dan Anggota SMSI Sumbar, Senin (2/10/2017) di aula Gedung Pramuka Sumbar, Jl. Kelapa Gading, Padang. 

"Kami siap sukseskan HPN 2018 di Sumbar," tegasnya. 

Syahrial Aziz yang akrab disapa Yal Aziz, mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi dengan SMSI Pusat, panitia pelaksana HPN 2018 dan Pemprov Sumbar. "Insya Allah kita sebagai pemilik media siber atau media online yang ada di Sumbar akan berusaha jadi tuan rumah yang baik di HPN nanti," sebutnya.

Yal Aziz yang mantan wartawan Kompas itu menambahkan, ada dua agenda besar yang akan dilakukan SMSI di HPN 2018 nanti. "Yaitu, Pelayaran Pers Kampus se-Indonesia, dari Tanjung Priok Jakarta ke Teluk Bayur Padang dan Pekan Media Siber," jelas Pemred sekaligus pemilik Tabloidbijak.com itu.

Di kesempatan yang sama, Ketua Dewan Penasehat SMSI Sumbar, Wiztian Yoetri mengatakan, SMSI mesti jadi pusat pencerdas baru di daerah. "Kita mesti bisa berkontribusi positif bagi daerah dengan pemikiran-pemikiran baru," katanya.

"SMSI sebagai tempat berhimpunnya para pemilik media siber harus profesional dan bermartabat," tegas mantan Pemred Padang Ekspres yang kini menjabat Komisaris PT Semen Padang itu.

Anggota Dewan Penasehat, Rahmad Wartira ikut menegaskan, wartawan media siber harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan UU Pokok Pers, dan anti berita hoax. "Jangan benarkan yang biasa, tapi biasakanlah yang benar," ujarnya berkias.

"Dalam pemberitaan tak boleh melanggar hukum," tegas pengacara yang mantan Ombudsman Padang Ekspres itu.

Terakhir, Sekretaris SMSI Sumbar, Novermal Yuska menjelaskan, anggota SMSI Sumbar yang sudah didaftarkan ke SMSI Pusat sebanyak 16 media siber berbadan hukum. "Dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan pelantikan pengurus, dan calon anggota baru segera disusulkan pendaftarannya," ujarnya.

Ditambahkannya, anggota SMSI adalah media siber berbadan hukum dan memiliki NPWP, SIUP, TDP dan IG. "Dan, penanggungjawabnya sudah UKW Wartawan Utama," jelas Pemred sekaligus pemilik Jurnalsumbar.com itu.

"Di Sumbar, ada sekitar 200 media siber yang sudah berbadan hukum, dan itu akan kita rangkul dan kita bina menjadi media siber profesional," tambah Komisaris BUMD PT Grafika Jaya Sumbar itu.

(rel/ede)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera