Pendidikan

Pendidikan

Mahyeldi: SKPD Wajib Lahirkan Inovasi

PADANG -- Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Padang dituntut mempunyai inivasi untuk menyikapi perubahan yang terus bergulir. Tanpa inovasi, niscaya akan ketinggalan dalam pelayanan dan tidak dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi.

"Inovasi sebuah keniscayaan di era yang bergerak cepat dan dinamis ini. SKPD harus mampu melahirkan inovasi yang berperan menjadi solusi untuk pemecahan permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pekerjaan sehari -hari," kata Walikota Padang saat membuka Forum Litbang terkait Inovasi Daerah di salah satu hotel, Selasa (10 Oktober 2017 - 20 Muharam 1439 H).

Hendaknya, kata Mahyeldi, SKPD berkaca dari perusahaan-perusahaan yang masih tetap eksis sampai sekarang. Ini karena perusahaan tersebut selalu mengikuti perkembangan dan membuahkan inovasi. Contohnya, PT Telkom, PT Pos dan beberapa perusahaan lainnya.

"Tidak sedikit perusahaan yang akhirnya tumbang karena kurang inovasi," ujar Mahyeldi.

Tahun depan, inovasi setiap SKPD di lingkungan Pemko Padang akan dikompetisikan. "Selanjutnya akan dikirim ke tingkat provinsi dan nasional," imbuhnya.

Forum Litbang terkait Inovasi Daerah yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ini bertujuan mendorong SKPD meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia. Faktor SDM adalah yang paling menentukan dalam pengembangan potensi.

Kepala Bappeda Kota Padang Jervan Bahar menyebutkan, tema yang diambil dalam Forum Litbang "Dengan inovasi kita wujudkan peningkatan kinerja Pemerintah Kota Padang dalam segala aspek". Bertujuan memberikan pemahaman kepada seluruh pejabat dan ASN Kota Padang tentang pentingnya inovasi dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah.

Firum ini menghadirkan narasumber Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Dr. Muhammad Imanuddin.
"Diharapkan kegiatan ini memberikan dampak positif dengan lahirnya inovasi-inovasi baru dalam tusi SKPD," tutupnya.

(rel/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera