Pendidikan

Pendidikan

Ketua KPU Kota Padang: Setiap Pemilih Harus Dilayani Dengan Baik, Tak Terkecuali Penyandang Disabilitas

PADANG -- Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, kualitas pelayanan pada tempat-tempat pemungutan suara harus ditingkatkan. Setiap pemilih yang memiliki hak pilih harus dilayani dengan baik, tanpa terkecuali penyandang disabilitas. Ketua KPU Kota Padang, Muhammad Sawati usai Launching Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Padang mengatakan, selama ini petugas kesulitan dalam mengidentifikasi pemilih disabilitas.

Petugas tidak mengetahui dengan  jelas jumlah pemilih disabilitas dalam sebuah TPS, termasuk juga kategori disabilitas yang disandang pemilih.  

''Dengan adanya kebijakan KPU dan Bawaslu sekarang ini, melibatkan penyandang disabilitas pada semua tahapan pemilihan, diharapkan, partisipasi masyarakat meningkat,'' ujarnya, Jumat, (29/9/2017).

Berbagai kemudahan yang disediakan  dalam penyelenggaraan pemilu, serta merta dapat memotivasi keluarga penyandang disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya. 

Muhammad Sawati menuturkan, KPU Kota Padang akan melakukan pembinaan langsung terhadap penyandang disabilitas  dan  hasil dari pembinaan tersebut dapat diterapkan kepada yang lainnya.

Dari upaya jemput bola tersebut diharapkan partisipasi masyarakat datang menggunakan hak pilihnya ke TPS dapat ditingkatkan sejalan dengan sosialisasi yang selama ini  telah diterapkan KPU. 


(rki)



bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera