Pendidikan

Pendidikan

Dosen UHT Surabaya Intens Bina UMKM Sektor Perikanan di Lamongan


LAMONGAN, JATIM -- Pengabdian masyarakat yang diwajibkan dalam rangka mengisi Tri Darma Perguruan Tinggi secara intens diaplikasikan Dosen Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya lewat kegiatan penyuluhan dan pembinaan UMKM sektor perikanan di Kabupaten Lamongan secara. Selain pengusaha dan masyarakat, dalam kegiatan ini pihak UHT menggandeng Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan serta dan BPOM setempat.

"Ini pelaksanakan tahun ketiga program kami memberdayaan UMKM pengolahan Ikan yang ada di Kabupaten Lamongan, yang mana Lamongan merupakan kabupaten yang berhasil telah membuktikan produktifitas di bidang perikanan, baik darat dan utamanya laut," ungkap dosen UHT Surabaya, Ir. Wahyu Sulistyowati, M.Kes, dalam kegiatan penyuluhan dan pembinaan di Kecamatan Paciran, Jumat (6/10/2017).

Diakui, UMKM pengolahan ikan seringkali terbentur masalah sertifikasi produk untuk memasarkan produknya. Bahkan terkesan sertifikat BPOM didominasi perusahaan besar. Dalam program ini diupayakan dua UMKM yang berlokasi di Kecamatan Paciran dan Maduran memproduksi produk olahan beku sesuai standar SNI lalu pengajuan sertifikat ke lembaga BPOM.

Menurutnya, setiap dosen sebagai warga perguruan tinggi dapat berperan aktif menjadikan masyarakat menjadi lebih baik, berkarakter, berbudaya hingga menghasilkan masyarakat yang beradab.

Melalui kegiatan penyuluhan dan pembinaan, baik pengusaha maupun masyarakat dilatih tata cara pembuatan produk yang higienis. 

"Kemasan serta pemasaran dalam bentuk online yang telah kami buatkan websitenya juga salah satu upaya kami sebagai dosen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, sekaligus memaksimalkan peran sebagai pendidik, yang dapat bermanfaat dan melakukan perubahan menjadi lebih baik bagi masyarakat sekitar," paparnya.

Oleh karenanya, lanjut Wahyu, menuntut kesadaran diri dari seluruh kalangan masyarakat untuk mencegah hal negatif dari penggunaan internet, mengingat manfaat internet sebenarnya sangatlah banyak untuk kegiatan produktif.

"Website ini, khusus kita buatkan untuk masyarakat dengan harapan bisa dimanfaatkan untuk berjualan secara online. Dengan harapan, dapat meningkatkan perekonomian warga. Selain itu, pada kesempatan kali ini kami juga membantu dua pengusaha untuk mendaftarkan Produk Pangan MD ke Badan POM, yaitu UD Duta Nelayan dan UD Mitra Abadi", ungkap Wahyu.

(blc/rrr)





AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera