Pendidikan

Pendidikan

Bentrok Antar Fakultas di Universitas Riau, Satu Mahasiswa Derita Luka Serius


PEKANBARU -- Suasana kampus Bina Krida Universitas Riau (UR) di Kawasan Panam, Pekanbaru, Provinsi Riau, mencekam. Jelang maghrib hingga Kamis (5/10/17) malam, dua kelompok mahasiswa, diduga dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) dan Fakultas Teknik terlibat bentrokan. Seorang mahasiswa dilaporkan mengalami luka serius pada bagian kepala akibat lemparan besi. 

Suasana di jalan utama masuk kampus ditutup mulai belokan menuju Fisipol. Tidak semua orang boleh melewati barikade mahasiswa Fisipol, termasuk wartawan. Sejumlah polisi terlihat sudah berada di lokasi untuk meredam aksi adu otot dan amarah tersebut.

Dari pantau lapangan, terlihat mahasiswa bergerombol dengan saling mempersenjatai diri dengan kayu dan batu. Sesekali bentrok masih pecah, meskipun pihak aparat sudah berusaha menengahi.

Sejauh ini belum ada penjelasan resmi dari pihak kampus ihwal bentrok di kawasan yang semestinya menjadi tempat adu ide dan kecerdasan tersebut. Namun, berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, bentrok bermula ketika konvoi ratusan sepeda motor mahasiswa Teknik dengan mesin meraung-raung dan klakson bersahutan, melintas di areal kampus Fisipol. 

Bagi mahasiswa Fisipol, kebisingan ini dirasa sangat mengganggu, hingga salah seorang mahasiswa Fisipol berinsiatif menegur supaya kelompok mahasiswa Teknik menghentikan kebisingan karena mengganggu ketenangan di sekitar. Namun malang baginya, bukannya menghentikan kebisingan, kelompok mahasiswa Teknik yang ditegur malah mencak-mencak tak terima. 

Sempat cekcok mulut, hingga sejurus kemudian mahasiswa tadi terpaksa lari menghindari kejar oleh kelompok mahasiswa Teknik yang ingin mengeroyoknya. Pada saat kejar-kejaran itulah, kepalanya terkena lemparan besi. 

Melihat rekannya terluka, sekelompok mahasiswa Fisipol yang berada di lokasi tak terima hingga akhirnya bentrok massal tak terhindarkan. Dua kubu saling serang. Amuk para mahasiswa bersenjatakan balok dan batu, berimbas pada rusaknya sejumlah fasilitas kampus pecahnya puluhan kaca jendela. 

Sejauh ini belum ada informasi resmi dari pihak Universitas Riau. Semua pihak masih sibuk memediasi dua kelompok mahasiswa yang sedang tersulut emosi tersebut. 

(bkc/emy/bin)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera