Pendidikan

Pendidikan

Presiden Jokowi Nobar Film G30S/PKI Bersama Ribuan Warga Bogor

BOGOR -- Presiden Joko Widodo nonton bareng (nobar) pemutaran film G30S/PKI bersama ribuan warga dan anggota TNI serta Polri di Makorem 061/Suryakancana, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat malam mulai pukul 20.00 WIB.

"Malam ini dijadwalkan nobar film pengkhianatan PKI dengan versi full 4 jam," kata Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Mirza Agus,Jumat (29/09/2017).

Mirza mengatakan sebelum nobar bersama Presiden, Korem 061/Suryakancana telah memutar penayangan film di Makorem dengan versi yang singkat yakni 1 jam.

"Khusus malam ini kita nonton bersama masyarakat, TNI, Polri dan rencananya Presiden juga akan hadir," kata Mirza.

Karena yang ditayangkan film versi 4 jam, Korem 061/Suryakancana secara khusus mendatangkan pedagang kaki lima berjualan di lapangan tenis Makorem, seperti gorengan, batagor, nasi goreng, baso dan mi ayam.

"Silakan kalau mau jajan bisa langsung ke belakang, apakah masih tersedia atau tidak saya juga tidak tau," kata Mirza santai.

Mirza mengatakan dengan kegiatan nobar Film G30S/PKI diharapkan kebersamaan antara TNI, Polri dan masyarakat dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Pemutaran film dimulai pukul 20.00 WIB, Presiden Jokowi tiba tepat waktu disambut antusiasme warga yang sudah hadir lebih awal.

Film dokumenter sejarah yang dulu pernah ditayangkan sejak masa orde baru tahun 1984 telah banyak berubah. Film yang aslinya berdurasi 3 jam lebih diedit menjadi hampir satu jam atau sekitar 50 menit 37 detik.

"Tindakan kekerasan yang dulu ada di film aslinya (durasi 3 jam) sudah diedit, jadi murni sejarah tentang bagaimana proses kedeta yang dilakukan PKI di bawah Letkol Untung terhadap Pemerintah Indonesia," kata Mirza.

Menurutnya film tersebut bagus untuk ditonton, isunya tentang kudeta PKI terlihat jelas. Bagaimana PKI membuat isu dewan jenderal dan menculik para jenderal TNI Angkatan Darat (AD) dan menyiarkan melalui RRI.

"Pengamanan yang dilakukan Letkol Untung mau melakukan kudeta. Pak Harto tidak tahu tentang itu, akhirnya menginformasikan. Setelah menemukan fakta-fakta di lubang buaya, hingga pemakaman para jenderal oleh HA Nasution," kata Mirza.

Pada film versi terbaru tersebut lanjut Mirza, tidak ditayangkan saat pengambilan jenazah para jenderal dari Lubang Buaya, dan banyak adegan kekerasan lainnya yang tidak ditayangkan.

Mirza mengharapkan dari penayangan film tersebut masyarakat Indonesia menjadi tahu sejarah mengenai PKI. Walau sudah mengetahui sedikit banyak melalui buku sejarah, dengan menonton tayangan tersebut akan tahu lebih banyak.

"Harapannya agar kejadian kelam tahun 1965 itu tidak terulang lagi," katanya.

Pakai Jaket Merah, Jokowi Nobar Film G30S PKI Bareng Warga Kota Bogor

Pesiden Joko Widodo (Jokowi) ikut nonton bareng film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) bersama ratusan warga Kota Bogor di Lapangan Tenis Makorem 061/ Suryakancana, Jumat (29/9/2017) malam.

Pantauan dilokasi, Jokowi tiba di lokasi sekira pukul 20.00 WIB didampingi sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

Tampak ratusan warga yang tengah duduk bersila di atas karpet langung berdiri dan berteriak histeris seraya bertepuk tangan.

Jokowi yang mengenakan jaket berwarna merah itu dengan ramahnya menyapa dan menyalami beberapa warga di barisan depan.

Tak lama, Jokowi duduk di barisan paling depan bersama Danrem 061/ Suryakencana, Kolonel Inf Mirza Agus dan Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna.

Tampak sejumlah botol air mineral pun disiapkan pihak panitia yang di simpan di atas meja berukuran kecil.
Beberapa saat sebelum film dimulai, lampu di lokasi pemutaran film pun dimatikan.

Pandangan Jokowi beserta ratusan warga tampak langsung fokus tertuju pada layar proyektor.

Menurut Danrem 061/ SK, Kolonel Inf Mirza Agus, pada nobar kali ini, pihaknya akan memutarkan film G 30S PKI secara full atau lengkap.

"Bersama Pak Jokowi, jajaran Korem dan ratusan warga akan menyaksikan film G 30S PKI secara full kurang lebih empat jam," singkatnya kepada TribunnewsBogor.com sebelum pemutara film G 30S PKI dimulai.





[rki]

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera