Pendidikan

Pendidikan

Panglima TNI sebut Presiden Jokowi serius nonton film G30S/PKI

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyaksikan film Pemberontakan G30S/PKI di lapangan tenis Makorem 061/Suryakancan, Kota Bogor, hingga tuntas pada Sabtu dini hari. Film berdurasi kurang lebih empat jam tersebut berakhir pada pukul 00.35 WIB.

Presiden yang sejak awal menonton pukul 20.05 WIB tidak bergeser dari tempat duduknya sampai penayangan berakhir. Panglima TNI Gatot yang duduk bersebelahan dengan Presiden ketika dimintai keterangan terkait kesan mantan Gubernur DKI Jakarta itu setelah menonton tayangan film tersebut menyatakan tidak berkomentar apa-apa karena serius menontonnya.

"Beliau tidak ada komentar, tadi beliau serius saksikan film, jadi sama-sama serius," kata Gatot, Sabtu (30/9/2017).

Mengenai rencana pembuatan ulang film G30S/PKI, Gatot mengaku, belum mengetahui kelanjutannya. Karena sedari awal TNI menyerahkan rencana tersebut kepada pemerintah.

"Selanjutnya saya belum tahu kan. Presiden menyatakan akan membuat film yang disesuaikan dengan era sekarang supaya lebih menarik lagi," jelasnya.

Saat ditanyakan apakah pembuatan filmnya sudah dilakukan atau belum, Gatot mengaku belum mengetahuinya.

"Belum tahu, saya kan bukan Presiden," katanya.

Gatot mengatakan akan ada ahli-ahli sejarah yang akan dilibatkan dalam pembuatan film tersebut nantinya.

Nonton bareng film Pemberontakan G30S/PKI di Makorem 061/Suryakanca, Kota Bogor, Jawa Barat, dihadiri 1.000 orang terdiri atas warga, anggota TNI dan Polri, serta para taruna.

Turut mendamping Presiden dan Panglima, yakni Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Mirza Agus, Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Arm Doddy Suhadiman, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, dan Wakapolresta AKBP Rantau.

Presiden Jokowi yang datang menggunakan mobil sedan B 1197 RFS, tiba pukul 20.05 WIB sebelum penayangan. Presiden duduk lesehan bersama warga. Presiden tampil santai menggunakan jaket berwarna merah dan celana berwarna hitam.

Dari awal penayangan hingga akhir Presiden tetap fokus dan serius menyaksikan pemutaran film itu. Ia jarang berganti posisi duduk, sedangkan makanan yang disediakan juga tidak habis dicicipinya.

Udara malam di sekitar tempat itu itu cukup dingin, karena awal penanganan hingga setengah jalan, hujan gerimis mengguyur wilayah Kota Bogor.

Berbeda dengan Panglima TNI yang baru datang pukul 23.29 WIB, masih menyempatkan diri ke kamar kecil dan kembali serius menyaksikan penayangan film itu.

Jokowi Nobar Film G30S/PKI dengan Panglima TNI, PDIP: Bagus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) nonton bareng (nobar) film Penghianatan G30S/PKI bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Markas Korem 061/Suryakancana Bogor. PDIP mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Itu merupakan kebijakan dari Pak Jokowi, nontonnya bagus. Jaketnya Pak Jokowi sangat bagus," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2017).

Meski demikian, Hasto mengatakan tidak perlu lagi masyarakat mengungkit kembali perihal film sejarah tersebut yang menurutnya masih sarat dengan kontroversi. Ia berharap agar ada rekonsiliasi alamiah dengan tidak kembali mengungkit-ungkit persoalan PKI di masa lalu.

"Bagi kita, sebagai bangsa, lebih baik kita selalu menatap masa depan. Kita harus melihat di antara korban dan keluarga pahlawan revolusi pun sudah terjadi rekonsiliasi secara alamiah. Kenapa hal tersebut harus dipersoalkan kembali?" sebutnya.

Hasto ingin bangsa Indonesia mengedepankan harmoni dan persatuan dengan tidak mengungkit dendam masa lalu. Hasto menganggap pemutaran film G30S/PKI lebih berat pada kepentingan politik dan bukan pengungkapan fakta sejarah.

"(Gencarnya nobar) lebih kepada aspek politik, aspek-aspek politik ada pihak-pihak yang ingin menggunakan masa lalu. Bukan untuk kepentingan bagaimana bangsa ini kokoh berdiri menatap masa depan," jelasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi melaksanakan nonton bareng film pengkhianatan PKI bersama warga dan TNI di Markas Korem 061/Suryakancana Bogor, dini hari tadi. Selang beberapa jam film diputar, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo datang ikut nobar bersama Presiden. Gatot yang baru saja selesai menonton pagelaran wayang kulit langsung duduk di samping Jokowi yang mengenakan jaket merah.


(dtc/bag/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera