Pendidikan

Pendidikan

HUT Ke-18 Kabupaten Mentawai, Ajang Refleksi Diri


TUAPEJAT -- Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake meminta seluruh jajaran pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kepulauan Mentawai dapat menjadikan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-18 Kabupaten Mentawai (4 Oktober 1999 - 4 Oktober 2017) sebagai refleksi diri tentang perjalanan Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam upaya meninggalkan ketertinggalan.

"HUT Ke-18 Mentawai ini tentu dapat kita jadikan sebagai refleksi diri atau introspeksi diri tentang apa yang telah kita perbuat untuk Mentawai, mungkin ini sebagai perenungan, agar kita semua termasuk para pimpinan OPD untuk dapat lebih baik dalam memberikan peran dalam percepatan pembangunan di Mentawai," ujar Kortanius saat memberikan pengarahan pada rapat final panitia HUT Ke- 18 Kabupaten Kepulauan Mentawai di Tuapejat, Kamis (28/9/2017) malam.

Korta menyebutkan, penyelenggaraan hari jadi Mentawai yang bakal diperingati dengan berbagai acara itu nantinya harus melibatkan seluruh unsur masyarakat, sehingga masyarakat bukan hanya terhibur dengan tontonan yang disajikan, tapi juga diharapkan masyarakat Mentawai mempunyai peran lebih dan mengetahui informasi dari daerahnya sendiri.

"Ini cerita di Bali, di sana setiap sopir taksi bahkan tukang ojek itu setiap mengantar tamu atau penumpang pada setiap kesempatan selalu memperkenalkan daerahnya, pak..bu .. kita sekarang sedang melewati daerah wisata ini..., nah cerita ini mungkin bisa kita tiru, kita edukasi masyarakat agar juga berperan memberikan informasi kepada siapa saja," ujar Korta.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT Ke-18 Mentawai, Naslindo, mengatakan, berbagai acara untuk memperingatai HUT Kabupaten Bumi Sikerei dengan tema "Mentawai Bangkit dan Bersinar" telah dipersiapkan, di antaranya pada Jumat, (29/10/2017) diadakan kegiatan jalan santai dan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan, menghias kantor di setiap OPD dengan bercirikan hiasan budaya Mentawai, acara lomba lari marathon Mentawai 7 K memperebutkan total hadiah sebesar Rp43 juta rupiah yang bakal digelar pada Sabtu (30/9/2017), Doa Lintas Agama pada hari Senin, (2/10/2017). 

Seminar sehari mengungkap sejarah Mentawai dan karnaval pembangunan yang bakal digelar Selasa (3/10/2017), serta digelarnya rapat paripurna terbuka tentang HUT Ke-18 Mentawai yang diadakan pada Rabu, (4/10/2017) di pelataran kantor bupati.

"Peringatan HUT ke-18 Mentawai tahun ini bertepatan dengan digelarnya Festival Pesona Mentawai pada tanggal 1-5 Oktober, jadi ini merupakan moment yang sangat baik bagi kita semua," kata Naslindo yang juga kepala Bappeda Mentawai.

Hadir pada rapat finalisasi persiapan panitia pelaksana HUT Ke-18 Mentawai tahun 2017, antara lain Sekda Mentawai, Syaiful Jannah, para staf ahli, Kepala Dinas Pariwisata Desti Seminora, Kepala Dinas Perhubungan Edi Sukarni, Kepala Kominfo Joni Anwar dan para kepala OPD dilingkungan Pemkab Mentawai lainnya yang terkait dengan kepanitiaan.

(eko/dio/ede)

 




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia




bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera