Pendidikan

Pendidikan

Empat Orang Tewas Usai Cayla Tabrak Fuso di Sijunjung

SIJUNJUNG,SUMBAR -- Kecelakaan maut di jalan lintas Sumatera kembali terjadi, satu unit mobil Toyota Calya dengan bertabrakan dengan mobil truk fuso bermuatan, Senin (11/9/2017) sekira pukul 10.30 wib di Jalan Lintas Sumatera Kenagarian Tanjung Gadang Kecamatan Tanjung Gadang. Akibat kecelakaan maut tersebut empat orang penumpang mobil Calya dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian.

Dari informasi yang diperoleh, peristiwa naas tersebut bermula saat kendaraan toyota Calya dengan nopol BH 1843 KE yang dikemudikan oleh Hasyim (35) warga Blok B Sitiung V Kabupaten Dharmasraya dengan membawa 12 orang penumpang termasuk empat orang anak- anak, datang dari arah Solok menuju Kabupaten Dharmasraya dengan kecepatan tinggi.

Sesampainya di Tempat kejadian atau tepatnya di Jalan Lintas Sumatera Jorong Guguk Nanneh Kenagarian Tanjung Gadang Kecamatan Tanjung Gadang KM 131+700 arah Padang. Diduga sopir mobil Calya mengantuk dan mengakibatkan kendaraan yang dikemudikannya oleng dan mengambil jalan ke kanan.

Di saat yang bersamaan dari arah yang berlawanan datang kendaraan Truk Fuso dengan BA 9112 AU yang dikemudikan oleh Yulman (49) warga Kabupaten Padang Pariaman.

Dikarenakan Jarak yang sudah terlalu dekat, tabrakan pun tak terhindarkan, Mobil Calya putih yang dikemudikan oleh Hasyim menghantam bagian mobil Truk Fuso sebelah kiri dan kondisi mobil mengalami rusak parah dibagian depan. Warga sekitar lokasi kejadian yang melihat kejadian tersebut langsung berhamburan ke TKP untuk mengevakuasi para korban dan memberitahukan kejadian tersebut ke Pihak Kepolisian Polsek Tanjung Gadang.

Data yang diperoleh, dari peristiwa naas tersebutempat orang penumpang mobil Calya yang meninggal dunia diketahui bernama Amirudin (80) warga Blok B Sitiung V Kab. Dharmasraya, Lomsari (70) warga Blok B Sitiung V Kab. Dharmasraya, Ramdi (6) warga Blok B Sitiung V Kab. Dharmasraya dan Lisna (35) warga Sungai Rumbai Sitiung 3 Blok C Kab. Dharmasraya.

Sementara itu yang mengalami luka-luka adalah Rifai (3) warga Sungai Rumbai, Amel (3) warga Sitiung, N Mariyanti (30) warga Sungai Rumbai, Alfi (13) warga Blok B Sungai Rumbai, Juwita (23)) warga Blok B Sungai Rumbai dan Setiawan (3) warga Blok B Sungai Rumbai.

Wakapolres Sijunjung Kompol H Siregar didampingi Kapolsek Tanjung Gadang Iptu Mendrofa beserta Kanit Lantas Polsek Tanjung Gadang Aiptu Anton yang mengetahui kejadian tersebut langsung datang ke lokasi dan melakukan evakuasi terhadap penumpang mobil tersebut serta melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta mengurai kemacetan yang terjadi akibat kejadian tersebut.

"Setelah kami mendapatkan laporan dari warga masyarakat mengenai kejadian tersebut, kita langsung turun ke lokasi kejadian serta mengevakuasi para korban yang mengalami luka-luka ke Puskesma Tanjung Gadang dan RSUD Sijunjung termasuk mengevakuasi empat orang penumpang mobil Calya yang meninggal dunia," ujar Waka Polres H Siregar.

Wakapolres juga menambahkan bahwa saat ini, sopir Truk beserta kendaraan truk Fuso BA 9112 AU dan mobil Toyota Calya BH 1843 KE telah diamankan di Mapolsek Tanjung Gadang untuk penyelidikan lebih lanjut.

Pihaknya juga kembali menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam mengemudikan kendaraannya di Jalan raya serta mematuhi pertauran dan rambu-rambu lalu lintas dan berhenti beristirahat jika sopir atau pengguna jalan mengantuk di tempat yang sekiranya aman dan tidak mengganggu kelancaran arus lalulintas.

(han/ogi/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera