Pendidikan

Pendidikan

Bupati Sijunjung Ajak PPWI Berperan Aktif Filter Berita Hoax


SIJUNJUNG, SUMBAR -- Prosesi pelantikan Dewan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonedia (DPC PPWI) Kabupaten Sijunjung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) PPWI, Wilson Lalengke, di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Rabu (27/9/2017) berjalan lancar dan sukses. 

Pada kesempatan itu, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengajak PPWI untuk turut berperan aktif meluruskan berita-berira miring agar tidak terbangun opini buruk di tengah masyarakat, terutama dalam memfilter berita-berita hoax yang belakangan marak.

"Setiap informasi hendaknya dikonfirmasi dulu sebelum menjadi berita lalu dipublikasikan ke khalayak pembaca. Masing-masing kita patut hati-hati menyikapi pemberitaan hoax yang banyak beredar belakangan ini, karena rata-rata adalah hasil karangan belaka, fiktif, tanpa didukung informasi sahih dari sumber yang bertanggungjawab," ujar Yuswir. 

Selain mengapresiasi sekaligus mengucapkan selamat atas telah dilantiknya DPC PPWI Kabupaten Sijunjung, Yuswir berharap mudah-mudahan  PPWI bisa menjadi mitra sinerji dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sijunjung maju dan jaya. 

Ketua DPN PPWI, Wilson Lalengke, mengingatkan kepada segenap jajaran PPWI di Sumbar agar mengelola informasi secara baik, karena menyangkut kelangsungan hidup segala lapisan masyarakat. Kemajuan dan kemunduran suatu daerah, salah satunya tergantung kepada informasi yang beredar di tengah masyarakat.

"Untuk itu kita perlu mendorong jurnalisme warga sebaik mungkin, dimana warga turut berperan serta aktif sebagai pemberita melalui informasi yang tepat dan akurat," jelasnya.

Tentang organisasi yang diketuainya secara nasional, Wilson menjelaskan bahwa PPWI merupakan salah satu wadah pencerdasan publik melalui penyebaran informasi yang mengacu kepada prinsip kebebasan pers yang bebas dan bertanggungjawab. Organisasi yang telah berusia 10 tahun ini menitikberatkan misi pencerdasan publik melalui kegiatan-kegiatan pelatihan. 

Senada dengan Wilson, Ketua DPC PPWI Kabupaten Sijunjung, Syafrimal Tanjung menegaskan bahwa PPWI hadir di Sijunjung sebagai wadah berhimpun para pewarta warga dalam upaya mewujudkan masyarakat cakap media.

Hadir pada acara pelantikan hari itu, Bendahara DPN PPWI, Winarsih, Ketua DPW PPWI Sumbar Syafrizal Buya, Ketua DPC PPWI Solok Sonny Yunarso, Ketua DPC PPWI Dharmasraya Syaiful Ramli, Kasubag TU Lapas Sijunjung, Mukdas, sejumlah Srikandi PPWI Sumbar, serta jajaran pengurus DPW lainnya, antara lain Edison Effendi, Yuli dan Restu Adi. 

Satu hal yang cukup menarik pada acara pelantikan DPC PPWI Sijunjung ini, para undangan disuguhi lagu mars kabupaten Sijunjung ciptaan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin.

(ede)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera