Pendidikan

Pendidikan

Tak hanya di buku SEA Games, gambar bendera Indonesia juga terbalik di koran Malaysia

JAKARTA -- Setelah insiden di buku panduan SEA Games Kuala Lumpur 2017, gambar bendera Indonesia Merah Putih juga tercetak terbalik di koran harian Metro edisi hari ini.

Di halaman 32 koran itu yang bertajuk Mencari Jagoan, isinya ulasan mengenai negara-negara yang tampil di ajang SEA Games tahun ini. Di bagian tengah halaman tersebut ditampilkan gambar bendera negara-negara peserta kompetisi olahraga se-Asia Tenggara dan bendera Indonesia Merah Putih tercetak terbalik.

Kemarin Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyesalkan gambar bendera Indonesia yang dicetak terbalik di buku panduan SEA Games. Imam memajang foto buku itu di akun media sosial Twitter dan sejak itu netizen ramai-ramai mengecam hingga tagar #ShameonYouMalaysia menjadi topik paling banyak dibahas.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin tadi malam langsung meminta maaf atas insiden bendera Indonesia Merah Putih yang tercetak terbalik di buku panduan SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Pernyataan Khairy itu menanggapi cuitan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi kemarin di media sosial Twitter yang menyesalkan terbaliknya gambar bendera Indonesia itu.

"Bapak Imam, mohon terima permohonan maaf saya atas kejadian ini. Sesungguhnya tiada niat jahat. Saya amal kesal dengan kesilapan ini. Mohon Maaf," kata Khairy di Twitternya, seperti dilansir Channel News Asia, Minggu (20/8/2017).

Dulu wasit karate digebuki di Malaysia, kini insiden bendera terbalik

Lagi-lagi Malaysia menjadi sorotan. Di ajang SEA Games 2017, bendera Indonesia terbalik. Gambar itu terdapat dalam buku panduan pelaksanaan. Menpora Imam Nahrawi kesal dengan kejadian ini.

Jika mundur ke belakang, sudah beberapa kali terjadi insiden saat perhelatan olahraga di Negeri Jiran. Masih ingat di benak kita kasus pemukulan yang dilakukan oleh sekelompok polisi Malaysia terhadap wasit karate Indonesia Donald Luther Kolopita.

Donald dianiaya oknum polisi Malaysia ketika menjadi wasit Kejuaraan Karate Asia (AKF) di Kota Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia, 24-26 Agustus 2010 lalu. Donald kala itu menjadi ketua wasit Indonesia dianiaya usai pulang dari pertemuan dengan wasit Indonesia menuju hotel tempat dia menginap.

Saat Donald pulang, tiba-tiba ada empat oknum polisi Malaysia memukulinya hingga babak belur. Tak cuma itu, setelah dipukuli Donald langsung diborgol dan dibawa ke kantor polisi setempat. Akibat penganiayaan itu, Donald harus dirawat di rumah sakit.

Untuk kasus bendera Indonesia terbalik yang tercetak dalam buku panduan pelaksanaan Sea Games 2017, di Malaysia, Presiden Jokowi, menanti permintaan maaf resmi pemerintah Malaysia.

"Kita sangat menyesalkan kejadian itu, tapi tidak perlu dibesar-besarkan kita menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia," kata Jokowi usai menghadiri pemberian sertifikat hak tanah bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, dan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2017).

"Saya kira ini sangat teledor. Ceroboh sekali. Saya kira hal ini yang menciderai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang," tegas Menpora Imam.


[mdk/pan/rki]

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera