Pendidikan

Pendidikan

Kualitas Guru TPQ/TQA dan MDT di Padang Terus Ditingkatkan

PADANG -- Para guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ/TQA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) di Kota Padang terus dimantapkan. Tak hanya dalam hal kesejahteraan, peningkatan kualitas bagi pendidik dan pengajar ilmu-ilmu keislaman ini pun terus diupayakan.

Seperti kali ini, Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesra menggelar "Workshop" dengan diikuti sebanyak 240 orang yang terbagi dari guru TPQ/TQA dan MDT di kota tersebut. Pelatihan yang dilangsungkan selama dua hari, Selasa-Rabu (15-16/8/2017) ini pun dibuka Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Selasa (15/8/2017).

Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kemenag Padang Japeri serta pihak terkait lainnya.

Walikota mengatakan, eksistensi TPQ/TQA dan MDT sangat penting dalam membekali generasi muda melalui ilmu-ilmu keagamaan yang terkait dengan pembinaan mental dan spiritual.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kami sangat berterima kasih atas jasa bapak/ibu guru TPQ/TQA dan MDT. Semoga setiap bentuk pengorbanan yang kita lakukan dengan niat ikhlas ini, dibalasi pahala yang berlipat ganda oleh Allah Swt," ungkap Walikota dalam sambutannya sewaktu membuka kegiatan yang dilangsungkan di salah satu hotel berbintang di Padang itu.

Mahyeldi melanjutkan, melalui workshop tersebut sangat diharapkan, semua guru TPQ/TQA dan MDT di Padang secara bertahap akan menjadi pendidik yang profesional. Sehingga melaksanakan fungsi secara efektif dalam penyelenggaran pendidikan Alquran.

"Maka itu, peningkatan mutu, kualitas pembinaan dan pengelolaan pendidikan harus terus ditingkatkan bagi masing-masing TPQ/TQA dan MDT. Upaya ini demi terciptanya para generasi muda qurani yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah Swt," seru walikota agamis ini memotivasi.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Jamilus menyebutkan workshop tersebut diikuti 240 orang terbagi guru TPQ/TQA sebanyak 160 orang dan guru MDT 80 orang.

"Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan guru TPQ/TQA dan MDT, terutama sekali dalam membaca kitab suci Alquran sesuai ilmu tajwid yang mutawatir," terangnya.

Jamlilus menambahkan, dalam workshop tersebut peserta akan ditempa dengan beberapa materi penting dari beberapa narasumber.

Diantaranya terkait peranan Pemko Padang tentang peningkatan kualitas guru TPQ/TQA dan MDT yang disampaikan langsung olehnya. Selanjutnya Ustadz Habiburrahman, Lc dalam kiat menghafal Alquran semudah tersenyum, lalu Marhamah, M.Pd dalam metode dan strategi pengajaran, serta masih banyak lainnya.

"Kita berharap, keprofesionalan semua guru TPQ/TQA dan MDT di Padang akan terus semakin meningkat. Sehingga akan menjadi pendidik yang mantap baik dalam kemampuan membaca, memahami, mengamalkan dan mengajarkan Alquran kepada peserta didik masing-masing," harap Jamilus mengakhiri.

(rel/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera