Pendidikan

Pendidikan

Innalillaahi WIR,, Surya Budhi, Mantan Kabiro Humas Setdaprov Sumbar Berpulang


PADANG -- Sumatera Barat kembali kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Mantan Kabiro Humas Setdaprov Sumatera Barat, H. Surya Budhi, SH, meninggal dunia di Rumah Sakit Santa Maria, Pekanbaru, Selasa (1/8/2017) pukul 00.15 WIB. Ia wafat dalam usia 56 tahun. 

Sebelum akhirnya menghadap ke haribaan-Nya, Surya Budhi yang kini menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar sempat mengalami kecelakaan di kawasan PLTA Koto Panjang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (30/7).

Mobil yang dikendarai sopirnya mengalami kecelakaan dengan mobil bus ANS.

Pantauan www.sumateratime.com (group beritaLima), Selasa (1/8/2017) pagi ini, rombongan mobil ambulans pembawa jenazah telah sampai di rumah duka, Jl. Kijang II No. 8 RT 005 RW II Kelurahan Air Tawar Timur (ATT), Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. 

Segenap kerabat dan handai taulan mulai berdatangan dari segala penjuru, sehingga dalam sekejap memadati rumah duka. 

Sebelumnya, puluhan tetangga bersama segenap pengurus Masjid Nurul Ikhlas, masjid terdekat kediaman almarhum telah bahu membahu melakukan pemasangan tenda dan persiapan-persiapan lainnya dalam rangka menyambut kedatangan jenazah dari Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

Belum lama jenazah disemayamkan di rumah duka, sejumlah ruas jalan di lingkungan RT 005/RW II ATT mulai dijejeri kendaraan roda empat milik para pelayat. 

Rata-rata warga setempat, selain merasa sangat kehilangan, juga mengungkapkan bahwa almarhum semasa hidup dikenal sebagai sosok yang baik, santun dan punya jiwa sosial tinggi. 

Sejak bertugas di Kabupaten Kampar, biasanya pria kelahiran Padang 16 Juli 1961 ini rutin pulang ke rumahnya di Padang minimal satu bulan sekali. Pada kesempatan pulang ke Padang sosok yang sangat familiar dengan kalangan jurnalis, OKP dan Ormas selalu melowongkan waktu beinteraksi dengan para tetangga, baik pada saat menyalurkan hobi bermain bulutangkisnya di hall sebelah rumahnya, atau ketika sholat berjamaah di masjid. 

"Sebelum pindah tugas ke Riau, pak Budhi sangat aktif di kegiatan lingkungan. Bahkan sempat menjadi Ketua Pengurus Masjid Nurul Ikhlas. Karena tugasnya jauh di Riau, belum lama ini beliau mengundurkan diri selaku pengurus dan menyerahkan kepengurusan kepada kami yang lebih banyak di Padang. Namun demikian beliau tetap menaruh perhatian besar, baik terhadap masjid maupun lingkungan," ungkap Ita (60), warga setempat yang mengaku sangat akrab dengan almarhum dan keluarganya. 

Surya Budhi yang pernah menjabat Kabag Humas dan Kepala Kantor Kesbangpol di Sekko Padang di era kepemimpinan Walikota Padang Fauzi Bahar, meninggalkan seorang istri bernama Yessi Pratiwi, serta tiga orang putra putri; dua laki-laki dan satu perempuan. 

Kabar kepergian Surya Budhi sontak membuat banyak pihak yang merasa dekat dengannya tersentak. Baik kalangan birokrat, jurnalis, aktivis kepemudaan maupun tokoh masyarakat, merasa sangat kehilangan. Lumrah rasanya, mengingat semasa hidupnya alumni Universitas Bung Hatta (UBH) yang terakhir dipercaya sebagai Ketua Badan Pengawas Yayasan UBH ini dikenal sebagai sosok yang tidak pandang bulu dalam berkawan. Ia juga sangat akomudatif dan bijak dalam menyikapi setiap persoalan. 

Ucapan belasungkawa juga mengalir deras di media sosial. Sejumlah warga net/netizen mengucapkan turut berduka cita.

Akun @ Hendri Ilham Caniago "Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun ...
Telah berpulang ke Rahmatulloh, Pak (om) Surya Budhi SH
(Berita dari anaknya\ridho). Amal ibadah beliau akan mengalir terus, kebaikan almarhum yg saya kenal dan rasakan sesuai namanya....

Buat keluarga semoga diberi ketabahan, maaf kebetulan henri baru sampai di jakarta untuk ikut pelatihan 3 hari. Salam hormat dan turut berduka yang sedalam dalamnya buat keluarga yg ditinggalkan. Tante Evi, fitri, Ridho Alternofsint , Cia, dan Raihan".

@Refrizal Hendra "Innalillah wainnalillah rajiun, telah berpulang rahmatullah BapakSurya Budhi, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar, jam 00.00 WIB".

(han/rvo/ede)




AMOI # aliansi media online & telekomunikasi Indonesia

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera