Pendidikan

Pendidikan

Terkuak, Ini Rencana Walikota Padang Kedepan

PADANG -- Sejak Kota Padang dipimpin Walikota H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo dan Wawako Emzalmi, berbagai langkah dan terobosan sudah dilakukan. Hasilnya pun sudah mulai nampak.

Tengok saja Pantai Padang, sudah jauh berubah dan tertata. Begitu juga Pasar Raya, megah dan nyaman sebagai tempat bertransaksi. Semua tak terlepas dari upaya dan usaha pasangan ini untuk memajukan Kota Padang.

Menjelang akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Padang, cukup banyak agenda kegiatan berskala nasional dan internasional yang dilakukan di Padang. Termasuk rencana pembangunan pada tahun mendatang. Apa saja itu?
Mahyeldi menyebut, cukup banyak rencana kerja yang masih akan dilakukan dan diwujudkan. Seperti pelebaran dan penataan jalan, pembangunan kantor, kerjasama dengan negara lain, serta rencana lainnya.

Rencana yang paling dianggap penting yakni pelebaran jalan Perintis Kemerdekaan. Jalur ini cukup padat oleh kendaraan.

Selalu terjadi macet di jalur tersebut.

Dijelaskan Mahyeldi, bandar atau got yang ada saat ini akan ditutup. Nantinya di atas bandar atau got ini diaspal mulus untuk bisa dilalui kendaraan. Jalur ini nantinya dapat dilalui oleh sepeda, motor, dan kendaraan besar.

"Perencanaannya akan dibuat Dinas Pekerjaan Umum tahun ini dan pengerjaannya tahun depan," sebut Mahyeldi.
Kawasan jalan Khatib Sulaiman juga menjadi bidikan rencana Walikota Padang. Kawasan ini nantinya akan menjadi percontohan. Sebab, di kawasan ini akan ada saluran utilitas. Tidak ada lagi tiang listrik di atas tanah. Semua sudah berada di bawah tanah. Termasuk saluran air, telepon, dan sebagainya.

"PDAM, PLN dan Telkom sudah setuju," papar Mahyeldi.

Pembangunan jalan layang juga menjadi rencana yang akan diwujudkan Walikota Padang kedepan. Jalan layang akan dibangun di jalan Khatib Sulaiman. Jalur Bypass juga begitu, akan ada fly over di sana.

Pembangunan kantor juga akan dilakukan pada tahun mendatang. Kantor dibangun tidak saja berlantai dua atau tiga. Akan tetapi bertingkat banyak. Sehingga pembangunan terasa optimal dalam memanfaatkan lahan yang ada.

"Kita ingin pembangunan yang dilakukan untuk waktu jangka panjang," pungkasnya.

Semua itu adalah segelintir rencana Walikota Padang ke depan. Cukup banyak rencana lain yang saat ini masih ada dalam "kantong" walikota dan akan dikeluarkan pada tahun mendatang. Semua itu dimaksudkan demi Kota Padang yang lebih baik.


(rel/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera