Pendidikan

Pendidikan

Bola Besi Diduga Jatuh Dari Langit Gegerkan Warga Sungai Batang


AGAM -- Warga Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam geger setelah mengetahui  sebuah besi berbentuk bola jatuh dari langit,  Selasa (18/7/2017) sekitar pukul 09. 30 Wib.

Informasi yang dihimpun tim TNS, Bola besi berbentuk kendi itu jatuh tepatnya di ditepi jalan Raya dan menimbulkan bunyi keras, ujar Siddik (30) saksi yang melihat kejadian tersebut.

Benda berbentuk kendi yang berat mencapai 7,4 kilogram dengan diameter 110 cm x 55 cm itu tiba-tiba menghantam jalan raya dan menimbulkan bunyi yang keras, ucapnya.

Tempat jatuhnnya bola besi berbentuk kendi tersebut yaitu di tepi Jalan Pasar Sungai Batang Jorong Kubu Nagari Sungai Batang, benda dari langit berbentuk besi bulat kosong dengan lingkar 110 cm berat 7.4 kg  mengakibatkan jalan aspal tersebut dalam keadaan berlubang/rusak, persis di depan Kantor Pos Jorong Kubu, Nagari Sungaibatang, Kecamatan Tanjungraya, pungkasnya.

Mengetahui benda Misterius yang diduga jatuh dari langit Maninjau berbentuk kendi dengan diameter 110 cm x 55 cm ini langsung dikerumuni warga sekitar lokasi kejadian. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Banyak warga yang penasaran dengan benda itu. Demi menghindari keresahan warga, Wali Nagari Sungaibatang langsung membawanya ke Mapolsek Tanjung Raya.

Kapolsek Tanjungraya, Iptu Yanwismar melalui Kabag Ops Polres Agam Kompol E. Rinaldi membenarkan adanya penemuan benda misterius yang diduga jatuh dari langit itu.

Menurut Keterangan dari Saksi Sidik, 30 Tahun, swasta, Jorong kubu Nagari Sungai Batang dan Hendri, 45 Tahun, Koto, Kepala Jorong, Jorong Kubu Nagari Sungai Batang, menyatakan bahwa benda tersebut jatuh dari langit dan langsung menghantam aspal  yang mengakibatkan dilokasi benda jatuh tersebut berlobang dan sekitar lobang tersebut panas,

"Kami sudah memintai keterangan dari sejumlah warga dan mengamankan barang bukti dan kami akan mengkoordinasikan dengan pihak terkait tentang apa nama benda jatuh tersebut ,  ujar Iptu Yanwismar.

Ternyata, Benda Asing yang Jatuh di Agam adalah Komponen Roket RRT

Petugas kepolisian di Polsek Tanjung Raya memegang benda aneh yang diketahui jatuh dari udara. (fajar)
Petugas kepolisian di Polsek Tanjung Raya memegang benda aneh yang diketahui jatuh dari udara. (fajar)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Kabupaten Agam, menyatakan benda asing yang jatuh di Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, merupakan komponen roket Republik Rakyat Tiongkok (RRT).
"Kami sudah menganalisa benda yang jatuh di Tanjung Raya. Benda itu adalah komponen roket milik Tiongkok dengan berat sekitar 7,4 Kg, berdiameter 110 cm x 55 cm,"Kata Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) LAPAN Kabupaten Agam, Syafrijon, saat dikonfirmasi, Selasa (18/7/2017).

Ia mengatakan benda tersebut adalah bagian tabung bahan bakar roket RRT Longmach/Chang-Zheng 3 yang digunakan untuk meluncurkan satelit navigasi Beidou M1 pada 13 April 2007.

"Benda tersebut masuk atmosfer Sumatera Barat sekitar pukul 09.09 WIB. Setelah dianalisis, tidak ada bahan berbahaya dari benda tersebut,"pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah benda asing jatuh dari langit di wilayah Sungai Batang Kecamatan Tanjung Mutiara pada Selasa (18/7) pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Jatuhnya benda asing tersebut sempat membuat gempar warga sekitar lokasi. Warga lalu melaporkan peristiwa itu ke pihak kepolisian.

(trb/rki)

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera