Pendidikan

Pendidikan

Balap-balapan, Bus Jasa Malindo Terjun ke Jurang

PADANG -- Diduga balap-balapan dan hilang kendali, satu unit bus PO Jasa Malindo jurusan Padang-Sawahlunto, terbalik dan jatuh ke jurang sedalam 60 meter di Jalan Padang-Solok, Kilometer 13 Sikayan Pondok Bambu, RT 01 RW 12, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan pada Minggu (23/7/2017).

Akibatnya, 11 penumpang di dalam bus tersebut ditambah satu orang sopirnya harus dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami luka di sekujur tubuh akibat hempasan mobil yang terjun bebas ke jurang tersebut. Beuntung tidak ada korban yang sampai tewas akibat insiden tersebut.

Salah seorang saksi mata yang melihat langsung kejadian tersebut Winda Caniago (44) kepada Haluan mengatakan bahwa dirinya yang tengah duduk di warung nasi miliknya melihat bahwa ada dua bus, dimana salah satunya adalah bus Jasa Malindo dengan nomor polisi (nopol) BA 7932 PU yang diketahui dikendarai oleh Albert Mushendrik (29), warga Lubuk Selasih, Kabupaten Solok ini balap-balapan dengan salah satu bus PO Indra dan sebuah mobil jenis Isuzu Panther.

"Bus Jasa Malindo ini hendak menyalip kedua mobil tersebut, namun ternyata usaha tersebut gagal lantaran ada salah satu sepeda motor yang datang dari arah Kota Padang menuju Solok datang. Bus tersebut hilang kendali dan langsung terjun bebas ke dalam jurang yang berada persis di sebelah kiri jalan lintas ini. Saya yang kaget, langsung berinisiatif menyelamatkan para korban," ucapnya.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas, AKP Muzhendri Muzahar mengatakan bahwa pihaknya akan mengusahakan secepat mungkin untuk mengevakuasi bangkai bus yang diduga ugal-ugalan hingga masuk ke dalam jurang tersebut. 

"Belum ada penetapan tersangka, karena keterangan dari sang sopir belum sepenuhnya kami dapatkan. Kami juga akan mengusahakan untuk evakuasi bangkai bus tersebut dan memanggil pihak pengelola jasa transportasi antar kota dalam provinsi tersebut," ulasnya.


(han/adl/rki)
 

bn


Padang

Padang

Hukrim

Hukrim

Sumatera

Sumatera